FOTO: 5 Fakta Unik yang Warnai Dunia Sepak Bola

oleh Bola diperbarui 06 Des 2018, 13:00 WIB
Sepak bola sejatinya tak hanya hiburan 11 pemain yang menggiring bola dan mencetak gol. Mulai dari percintaan pemain hingga skandal termasuk faktor mengapa sepak bola begitu digandrungi. Ternyata cukup banyak cerita fakta unik yang hiasi dunia sepak bola.
1. Anfield - Stadion Anfield awalnya merupakan markas kebesaran Everton. Pada tahun 1884 Everton bahkan merenovasi Anfield dengan kapasitas penonton yang lebih besar. (AFP/Oli Scarff)
Namun konflik antara presiden Everton saat itu, John Houlding dengan komite Everton membuat Everton hingga saat ini mendiami Goodison Park. (AFP/Paul Ellis)
2. Inter Milan - Kota Milan terkenal dengan dua klub sepak bola besar yang memiliki sejarah panjang. Namun sebenarnya Inter Milan adalah bagian dari AC Milan usai terjadi pemisahan pada tahun 1908. (AFP/Miguel Medina)
Perbedaan prinsip bahwa AC Milan tak ingin diisi oleh pemain diluar Italia adalah penyebabnya. Sehingga kemudian mereka memutuskan memisahkan diri dan terbentuklah Inter Milan yang mayoritas diisi oleh pemain non Italia. (AFP/Javier Soriano)
3. Trofi Liga Champions - Kompetisi Liga Champions adalah ajang terbesar antar klub eropa. Setiap klub menginginkan trofi Liga Champions mengisi lemari prestasi klub mereka. (AFP/Benjamin Cremel)
Perlu diketahui bahwa trofi yang sekarang hanyalah replikanya saja. Hanya klub yang juara minimal 3 kali yang berhak menyimpan trofi aslinya. AC Milan dan Real Madrid merupakan salah satu klub yang berhak menyimpan trofi asli tersebut. (AFP/Luis Gene)
4. Real Madrid - Real Madrid sejatinya hanya memiliki satu musuh abadi, yaitu klub asal Catalan, Barcelona. Namun terlepas dari itu, Real Madrid ternyata didirikan oleh dua bersaudara yang berasal dari negeri Catalan. (AFP/Franck Fife)
Juan Rubio dan Carlos Rubio adalah dua bersaudara asal Catalan yang sudah lama tinggal di kota Madrid. Juan sang kakak terpilih sebagai Presiden klub pertama Real Madrid, lalu pensiun dan segera digantikan oleh sang adik Carlos. (AFP/Gabriel Bouys)
5. Barcelona - Joan Gamper adalah sosok paling penting dibalik terbentuknta Barcelona FC. Namun ternyata sosok Jon Gamper juga mendirikan klub FC Basel dan FC Zurich. (AFP/Fadel Senna)
Jatuh cinta pada kota Catalan membuatnya betah tinggal disana dan mendirikan klub sepak bola. Namun setelahnya ia juga mendirikan dua klub eropa yang juga besar yaitu FC Basel dan FC Zurich. (AFP/Nicholas Ratzenboeck)

Berita Terkait