FOTO: Guus Hiddink dan 3 Caretaker Sukses di Premier League

oleh Bola diperbarui 21 Mar 2019, 06:00 WIB
Tugas pelatih sementara atau Caretaker di Premier League bukanlah pekerjaan yang mudah. Sang penganti dituntut mengembalikan performa tim yang bernatakan dengan skuat yang sama. Namun masih ada segelintir Caretaker yang sukses akan itu. (Kolase Foto AFP)
1. Guus Hiddink - Tahun 2009 Hiddink ditunjuk sebagai pelatih sementara Chelsea untuk kali pertama. Pelatih berkebangsaan Belanda tersebut menggantikan Jose Mourinho yang tak lagi mampu mempertahankan performa apik Chelsea. (AFP/Glyn Kirk)
Pada periode tersebut ia memenangkan Piala FA dan hanya kalah satu kali di semua kompetisi yang dijalani Chelsea. Kesempatan tersebut berhasil ia lalui dalam posisi yang lebih baik dari sebelumnya. (AFP/Oli Scarff)
2. Roberto Di Matteo - Pelatih asal Italia tersebut ditunjuk Chelsea menggantikan Andre-Villas Boas yang dipecat pada bulan Maret. Sejarah berhasil ia catatkan usai Chelsea memenangkan Liga Champions mengalahkan Bayern Munchen. (AFP/Giuseppe Cacace)
Prestasi tersebut membuat Chelsea memberikanya kontrak permanen. Namun tak lama setelahnya ia dipecat dan digantikan Rafael Benitez. (AFP/Tobias Schwarz)
3. Kenny Dalglish - Legenda Liverpool, Kenny Dalglish kembali ke Liverpool menjadi caretaker. Ia mengantikan Roy Hodgson yang dipecat pada musim 2011/12. (AFP/Paul Ellis)
Selama melatih, Dalglish membawa Liverpool tak tersentuh kekalahan dalam delapan pertandingan beruntun. Hal tersebut tentu membuat posisi Liverpool di papan klasemen menjadi jauh lebih baik. (AFP/Paul Ellis)
4. Tim Sherwood - Tottenham Hotspur menunjuk mantan penyerang Inggris tersebut menggantikan peran Andre Villas Boas yang mengecewakan. Villas Boas dipecat usai serangkaian hasil negatif diderita pasukan White Hart Line. (AFP/Paul Ellis)
Dari 22 laga tersisa di musim 2013/14, anak asuhan Sherwood hanya kalah enam kali. Namun Tim Sherwood dipecat pada akhir musim dan digantikan oleh pelatih Spurs saat ini, Mauricio Pochetino. (AFP/Paul Ellis)

Berita Terkait