Fakhri Husaini Bangga dengan Perkembangan Anak-Anak Indonesia di Garuda Select

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 07 Mei 2019, 19:50 WIB
Garuda Select (PSSI).

Bola.com, Leicester - Pertandingan Garuda Select menghadapi Leicester City U-17 di lapangan Holmes Park, Leicester, Inggris, Senin (6/5/2019), terasa istimewa. Para pemain ditangani langsung oleh pelatih Timnas Indonesia U-18, Fakhri Husaini, yang datang untuk memantau para pemain yang akan dipanggil mengikuti pemusatan latihan seusai Idulfitri 2019.

Dalam pertandingan ini, Garuda Select bermain imbang 2-2 dengan Leicester City U-17. Fakhri Husaini bangga dengan perkembangan para pemain Garuda Select, yang sebagian besar merupakan anak asuhnya semasa di Timnas Indonesia U-16

Advertisement

"Sejak awal saya tekankan kepada para pemain bahwa kemenangan itu penting, hasil akhir pun penting. Namun, yang jauh lebih penting adalah bagaimana cara kami bermain," ujar Fakhri Husaini.

"Saya bangga sekali dengan apa yang mereka perlihatkan. Mereka bermain dengan pola yang baru, berubah dari 3-5-2 ke 4-3-3. Mereka bermain cukup solid, rapi, baik pada saat bertahan maupun menyerang," lanjut pelatih Timnas Indonesia U-18 itu.

Garuda Select memang biasa menggunakan formasi 3-5-2 di bawah asuhan Dennis Wise dan Des Walker. Namun, Fakhri Husaini mencoba untuk mengembalikan formasi 4-3-3 yang dulu sering dimainkan oleh anak-anak Garuda Select ketika masih bersama-sama di Timnas Indonesia U-16.

Selain membimbing anak-anak Indonesia di laga kontra Leicester City, Fakhri juga mengamati benar perkembangan para pemain muda Indonesia yang tengah menimba ilmu sepak bola di Inggris itu. Mentalitas serta fisik David Maulana dkk. pun mendapatkan pujian dari sang pelatih.

"Pada babak pertama kami memiliki banyak peluang mencetak gol dan tim lawan memberikan perlawanan yang cukup baik. Meski lawan punya power yang lebih besar tetapi anak-anak punya kepercayaan diri dan keberanian yang cukup baik. Mereka tampil luar biasa dalam pertandingan ini,” jelas Fakhri.

Fakhri Husaini memantau para pemain Garuda Select untuk keperluan seleksi pemain untuk Timnas Indonesia U-18. Para pemain yang memperkuat Garuda Select yang terpilih akan bergabung bersama para pemain yang sudah menjalani seleksi Tim Garuda Muda di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, pada 23 hingga 28 April 2019.

Sumber: PSSI