FOTO: Keunikan Sepak Bola Wanita Dari Masa ke Masa

oleh Peksi Cahyo diperbarui 20 Jun 2019, 15:05 WIB
BBC mencatat laga resmi pertama sepak bola wanita dimainkan pada tahun 1881 di Inggris yang disaksikan ribuan orang. Pada tahun 1991, China menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita pertama. Dan Amerika Serikat menjadi negara yang meraih gelar piala dunia terbanyak.
Foto tim klub sepak bola wanita asal Paris bernama FEmina Sport pada tahun 1920. Klub ini berdiri sejak tahun 1912 dan berhasil meraih 11 gelar juara hingga tahun 1932. ( AFP )
Pesepak bola wanita asal Inggris sedang melakukan pemanasan sebelum menjalani latihan rutin. ( AFP )
Potret Timnas Sepakbola Wanita Prancis pada bulan Apri tahun 1934. ( AFP )
Pose para pesepakbola wanita asal Prancis pada era 1920-an. ( AFP )
Para pesepak bola wanita melakukan persiapan sebelum menjalani seleksi untuk Timnas Prancis di Creps stadium, Aix-en-Provence, Prancis pada Februari 1981. ( AFP/Gerard Fouet )
Duel perebutan bola antara timnas sepakbola wanita Prancis melawan Belgia di Perpignan Prancis pada Desember 1983. ( AFP/Georges Gobet )
Trio perangkat pertandingan wanita pertama, (kiri ke kanan) Linda Black, Claudia de Vasconcelos,dan Zuo Xiudi. Merek bertugas memimpin perebutan peringkat 3 antara Swedia vs Jerman pada Piala Dunia Wanita pertama tahun 1991 di China. ( AFP/Tommy Cheng )
Carin Jennings (kanan) mengangkat trofi juara setelah Amerika Serikat mengalahkan Norwegia dengan skor 2-1 pada Piala Dunia Wanita pertama tahun 1991 di China. ( AFP/Tommy Cheng )
Timnas sepak bola wanita China mengalahkan Norwegia dengan skor telak 5-0 pada semifinal Piala Dunia Wanita 1999 di Amerika Serikat. Di Final, China kalah dari Amerika Serikat melalui adu penalti dengan skor 5-4. ( AFP Timothy A. Clary )
Tim sepak bola wanita Malavan asal Iran berlatih dengan giat sebagai persiapan menghadapi Iran's Women Football League. Ada 11 klub yang berpartisipasi dalam liga wanita di Iran tersebut. ( AFP/ISNA/Mona Hoobehfekr )
Seorang fans wanita menyaksikan laga Australia vs Italia di Stadion du Hainaut, Valenciennes, Prancis tahun 2019. ( AP/Francisco Seco )
Timnas wanita Kanada menjalani latihan sebelum menghadapi Selandia Baru di Piala Dunia Wanita 2019 di Prancis. ( AP/Francisco Seco )
Peringkat dua adalah prestasi terbaik yang pernah diraih Brasil selama keikutsertaannya di Piala Dunia Wanita. ( AP/Francisco Seco )

Berita Terkait