FOTO: Matthijs de Ligt dan 7 Bek Muda dengan Kualitas Top Dunia

oleh Vitalis Yogi Trisna diperbarui 31 Jul 2019, 07:00 WIB
Meski usianya masih terbilang muda untuk ukuran pesepak bola namun para pemain ini sudah layak disebut sebagai talenta bek-bek terbaik dunia. Berikut ini Matthijs de Ligt dan tujuh bek muda dengan kualitas top dunia. (Kolase Foto dari AFP)
1. Matthijs de Ligt (Juventus) - Mantan bek Ajax ini didatangkan Si Nyonya Tua dengan harga mahal tentu dengan pertimbangan matang. Jiwa kepemimpinan serta kemampuannya membaca serangan lawan dengan tenang menjadi nilai lebihnya. (AFP/Emmanuel Dunand)
2. Manuel Akanji (Dortmund) - Klub asal Jerman ini memang tidak pernah absen mengorbitkan pemain muda berbakat setiap musimnya. Bek tengah berusia 23 tahun ini penampilannya semakin berkembang bersama pelatih Lucien Favre pada musim lalu. (AFP/Patrik Stollarz)
3. Davinson Sanchez (Tottenham) - Memiliki gaya bermain yang lugas meski baru berusia 22 tahun dengan tidak segan melakukan tekel kepada penyerang lawan. Masih muda namun sudah menjadi andalan bagi Timnas Kolombia untuk mengawal lini belakang. (AFP/Paul Ellis)
4. Niklas Sule (Bayern Munchen) - Dengan tinggi 195 cm membuatnya piawai untuk urusan duel bola-bola atas dengan penyerang lawan. Musim lalu dirinya berhasil mengunci posisi utama di skuat klub asal Bavaria dengan tampil 31 kali di Bundesliga. (AFP/Christof Stache)
5.Clement Lenglet (Barcelona) - Sempat dianggap terlalu mahal saat dibeli La Blaugrana dari Sevilla dengan harga 35 juta euro. Namun permainannya terus berkembang dan menjelma menjadi bek andalan bagi Barca dengan mencatatkan 22 penampilan di liga. (AFP/Lluis Gene)
6. Lucas Hernandez (Bayern Munchen) - Mampu bermain sebagai bek tengah dan juga bek kiri menjadi keunggulannya dibanding bek muda lain. Tak heran jika raksasa Jerman rela menggelontorkan dana 80 juta euro untuk memboyongnya dari Atletico Madrid. (AFP/Christof Stache)
7. Nikola Milenkovic (Fiorentina) - Lihai membaca bola-bola lawan terutama umpan lambung menjadi salah satu kelebihan bek asal Serbia tersebut. Sejak era Jose Mourinho, Manchester United sudah tertarik untuk mendatangkan bek tengah 21 tahun itu namun belum terrealisasi. (AFP/Andrej Isakovic)
8. Eder Militao (Real Madrid) - Meski kemampuannya belum teruji di liga top Eropa namun musim lalu dirinya tampil istimewa bersama Porto. Bek tengah asal Brasil yang baru didatangkan oleh Real Madrid ini juga piawai dalam mencetak gol sundulan. (AFP/Oscar Del Pozo)