SEA Games 2019: Timnas Basket Indonesia Akui Ketangguhan Filipina

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 10 Des 2019, 04:00 WIB
Pemain Basket Indonesia saat melawan Filipina pada laga semifinal SEA Games 2019 di Mall Of Asia Arena, Manila, Senin (9/12). Indonesia kalah 97-70 dari Filipina. (Bola.com/ M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Pasay - Timnas Basket Indonesia gagal melaju ke final SEA Games 2019 setelah takluk 70-97 dari Filipina di Mall of Asia Arena, Senin (9/12/2019). Pelatih Rajko Toroman menyebut kekalahan ini adalah hasil yang realistis.

Melakoni laga semifinal, Timnas Basket Indonesia sempat memberikan perlawanan ketat pada kuarter pertama. Andakara Prastawa dkk. berhasil menempel Filipina dengan skor 20-24.

Advertisement

Pada kuarter kedua, Timnas Basket Indonesia sempat kesulitan mencetak poin. Filipina juga hanya mampu menambah 15 poin dan menutup pertandingan dengan skor 39-28.

Setelah half time, lini pertahanan Timnas Basket Indonesia terlihat rapuh. Situasi ini dimanfaatkan Filipina untuk mencetak 39 poin pada kuarter ketiga dan mempertahankan keunggulan menjadi 78-45.

Pada kuarter keempat, Indonesia berhasil keluar dari tekanan. Beberapa kali Juan Laurent mencetak poin, namun tetap tak cukup membantu sehingga pertandingan berakhir dengan kekalahan 70-97.

"Kami harus realistis menyikapi kekalahan ini. Filipina adalah tim kuat dan mereka mendapatkan banyak keuntungan hari ini yakni keuntungan bermain di kandang dan mereka juga diisi oleh banyak pemain keturunan Filipina-Amerika," kata Rajko Toroman usai laga.

"Kami dalam tiga kuarter masih bisa bersaing menghadapi mereka. Itu membuat saya optimistis dengan skema yang kami mainkan. Saya juga merasa sangat optimistis bisa melakukan sesuatu, namun mereka sangat kuat," ujar pelatih asal Serbia itu.

Kekalahan ini membuat Timnas Basket Indonesia gagal melaju ke final SEA Games 2019. Pada perebutan medali perunggu, Indonesia akan menghadapi Vietnam di tempat yang sama, Selasa (10/12/2019).

 

2 dari 2 halaman

Siap Habis-habisan

Pelatih Indonesia, Rajko Toroman, memberikan instruksi saat melawan Thailand pada SEA Games 2019 di Mall Of Asia Arena, Manila, Filipina, Rabu (4/12). Indonesia kalah 76-98 dari Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pelatih Rajko Toroman menyebut timnya bakal tampil habis-habisan dalam merebut medali perunggu. Menurut dia, laga memang tak mudah namun semua pemain siap memberikan yang terbaik.

"Saya rasa kami berada di jalur yang tepat. Intinya, kami harus bermain habis-habisan besok. Untuk sekarang, medali perunggu adalah pencapaian yang sudah maksimal," tegas Rajko Toroman.

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina dengan mengklik tautan ini.