FOTO: Fanatisme dan Loyalitas di Bundesliga Kalahkan Premier League

oleh Peksi Cahyo diperbarui 16 Feb 2020, 19:15 WIB
Alexander Nübel kiper Schalke 04 saat beraksi melawan FC Bayern München di Veltins-Arena pada Bundesliga musim 2019/2020. ( Lars Baron/Bundesliga/Bundesliga Collection via Getty Images)
Suasana pembelian tiket yang tertib jelang laga antara FSV Mainz 05 vs FC Koln di Opel Arena pada pada Bundesliga musim 2019/2020. (Christian Kaspar-Bartke/Bundesliga/Bundesliga Collection via Getty Images)
Fans dari Bayern Munich berjalan menuju Allianz Arena, pada Bundesliga musim 2019/2020. (Thomas Eisenhuth/Bundesliga/Bundesliga Collection via Getty Images)
Bir adalah salah satu tradisi masyarakat Jerman. Dan kebebasan menikmati bir bisa dirasakan suporter dewasa seperti di stadion Red Bull Arena ini. (Reinaldo Coddou H./Bundesliga/Bundesliga Collection via Getty Images)
Tiga bocah fans RB Leipzig di Red Bull Arena ini menandakan bila Bundesliga aman dan nyaman bagi fans anak-anak. (Reinaldo Coddou H./Bundesliga/Bundesliga Collection via Getty Images)
Jarak poin peringkat 10 besar di klasemen Bundesliga cukup rapat membuat Bundesliga menjadi liga yang kompetitif di Eropa. (Reinaldo Coddou H./Bundesliga/Bundesliga Collection via Getty Images)
Fanatisme dan loyalitas suporter terhadap klub ditunjukan dengan membeli tiket pertandingan seperti fans Bayern Munich di Allianz Arena ini. (Daniel Kopatsch/Bundesliga/Bundesliga Collection via Getty Images)
Seorang fan RB Leipzig berdiri di depan iklan RB Leipzig jelang laga RB Leipzig vs Borussia Mˆnchengladbach di Red Bull Arena pada Bundesliga musim ini. (Boris Streubel/Bundesliga/Bundesliga Collection via Getty Images)
Harga rata-rata tiket pertandingan di Bundesliga adalah 26 Euro jauh di bawah Premier League dengan 36 Euro. (Simon Hofmann/Bundesliga/Bundesliga Collection via Getty Images)
Usia rata-rata pemain di Bundesliga adalah 25,84 tahun jauh lebih muda dibandingkan Premier League yang rataannya 26,79 tahun. (Boris Streubel/Bundesliga/Bundesliga Collection via Getty Images)
Angka 3,1 sebagai rataan gol tiap pertandingan selama 3 dekade terakhir membuat laga di Bundesliga menjadi lebih menarik dibanding Premier League. (Sebastian Widmann/Bundesliga/Bundesliga Collection via Getty Images)
Ekspresi Timo Werner striker RB Leipzig setelah mencetak gol ke gawang Borussia Dortmund pada laga yang berlangsung di Signal Iduna Park. (Alexander Scheuber/Bundesliga/Bundesliga Collection via Getty Images)
Robert Lewandowski dan Bayern Muenchen menjadi salah satu magnet Bundesliga baik di liga domestik maupun di kancah Eropa. (Alexander Scheuber/Bundesliga/Bundesliga Collection via Getty Images)
Aksi Thorgan Hazard asal Dortmund saat menghadapi RB Leipzig di Signal Iduna Park pada Bundesliga musim ini. (Alexander Scheuber/Bundesliga/Bundesliga Collection via Getty Images)
Rataan tingkat kehadiran penonton di Signal Iduna Park kandang Borussia Dortmund yang mencapai 80,000 penonton berkontribusi besar pada Bundesliga musim ini. (Lukas Schulze/Bundesliga/Bundesliga Collection via Getty Images)

Berita Terkait