Buat Ruangan Olahraga Pribadi Bisa Jadi Solusi Selama Pandemi

oleh Reza pada 21 Agu 2020, 16:01 WIB
Ilustrasi. Gym

Bola.com, Jakarta Dampak pandemi tak hanya menyasar kepada sektor ekonomi saja, tetapi semua sektor kena imbasnya. Salah satunya kegiatan olahraga. Yap, rutinitas olahraga jadi terhambat karena adanya pandemi, solusinya kamu bisa menerapkan olahraga di rumah saja. 

Selain memiliki peralatan olahraga yang lengkap, kamu bisa membuat ruangan olahraga pribadi di rumah. Dengan begini, kamu bisa terbebas dari penularan virus dan tetap menjaga kesehatan. 

Advertisement

Dilansir dari berbagai sumber, berikut langkah-langkah yang perlu disimak untuk membuat ruang olahraga pribadi di dalam rumah. 

Tentukan ruangan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah menentukan area ruangan olahraga. Kamu bisa memanfaatkan ruangan yang tidak digunakan dan bisa kamu ‘sulap’ menjadi ruangan olahraga.

Kamu cukup gunakan luas 3x2 untuk ruangan tersebut. Tak perlu luas, tapi cukup untuk menjadi ruangan olahraga buat kamu dan keluarga. Dekorasi ruangan tersebut dengan rubber mat yang mampu meredam suara saat kamu berolahraga. 

Tempatkan alat olahraga yang benar

Setelah itu, kamu tempat alat olahraga sesuai selera kamu, tetapi jangan asal menaruh alat tersebut, bisa-bisa ruangan jadi sempit dan tidak elok dilihat. 

Untuk Treadmill dan Benchpress bisa kamu taruh di pojok ruangan. Selain itu, untuk Gym Ball dan Barbell bisa kamu taruh di tengah ruangan. Biar seperti tempat gym, kamu bisa taruh kaca besar di ruangan tersebut. 

Perhatikan sirkulasi udara

Terakhir, kamu perlu mengetahui sirkulasi udara pada ruangan tersebut. Pasalnya, sirkulasi udara itu sangat penting saat kamu berolahraga di dalam ruangan. Jika tidak memilikinya, ruangan bisa pengap dan panas. 

Maka dari itu, ruangan dilengkapi dengan jendela agar angin bisa keluar dan masuk. Selain itu, kamu bisa juga melengkapi ruangan dengan pendingin AC. 

Bukan hanya merek AC-nya saja yang kamu pilih. Kamu juga harus memilih pipa AC sebagai jalur agar pendingin ruangan awet dan dingin merata. 

Bicara pipa AC, terdapat dua jenis pipa AC yang perlu kamu ketahui. Pertama, Pipa AC tembaga soft yang merupakan pipa untuk instalasi pendingin ruangan split. Keuntungannya, pipa ini mudah dilekukkan dan cara penyambungan pipa bisa di tekan, las maupun flaring.

Selain itu, ada Pipa AC tembaga kaku . Pipa jenis ini sangat cocok digunakan untuk sistem pendingin untuk sebuah bangunan. Keuntungannya, pipa ini tidak mudah penyok dan instalasinya dengan cara pengelasan. Jadi lebih cepat dan lebih hemat.

Nah, jika kamu bingung jenis pipa AC mana yang bagus untuk ruangan olahragamu, kamu bisa cek di Polarin Xinindo mengenai pipa yang tepat dan juga harga pipa AC yang sesuai dengan budget-mu. Dengan memesan produk di Polarin, sudah terjamin produk asli dan awet. Selain itu, Polarin memiliki karyawan yang profesional dan mampu memberikan edukasi mengenai pemilihan produk dari Polarin.

Kalau sudah begitu, kamu tak perlu lagi khawatir sirkulasi udara pada ruangan olahraga tidak berjalan dengan baik. Melalui sistem pendingin dan produk dari Polarin, ruangan olahragamu akan lebih nyaman digunakan. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa cek di situs resmi https://polarin.co.id/.

 

(*)

Berita Terkait