Liga Italia: Cristiano Ronaldo dan 3 Veteran yang Terus Menjadi Andalan Juventus

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 10 Sep 2020, 19:15 WIB
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, tampak kecewa usai kalah agregat oleh Olympique Lyon dan tersingkir dari Liga Champions 2019/2020 di Stadion Allianz, Sabtu (8/8/2020) dini hari WIB. Juventus kalah agregat 2-2 atas Olympique Lyon. (AFP/Miguel Medina)

Bola.com, Jakarta - Juventus memiliki skuat yang bervariasi dari sisi usia. Bianconeri bahkan memiliki beberapa pemain yang usianya tidak muda lagi dan cenderung sudah dalam kategori veteran, seperti Cristiano Ronaldo maupun Gianluigi Buffon.

Cristiano ronaldo menjadi bukti bahwa pada usia yang tidak muda lagi, ia masih mampu memberikan kontribusi yang besar bagi Juventus. Pada musim lalu, pemain asal Portugal ini berhasil membawa Bianconeri kembali menjuarai Serie A, sekaligus menjadi top scorer bagi timnya.

Advertisement

Selain itu, dengan banyaknya pemain tua yang dimiliki Juventus saat ini, pemain muda yang ada di skaut tersebut bisa banyak belajar untuk mengambil ilmu dan pengalaman dari para seniornya.

Kehadiran Andrea Pirlo sebagai pelatih baru Juventus membuat kehadiran para pemain veteran ini mungkin akan tetap memiliki peran penting bagi Bianconeri pada musim depan.

Siapa saja pemain tua yang bakal menjadi pilar Juventus pada musim depan?

Video

2 dari 5 halaman

Gianluigi Buffon (42 Tahun)

Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, tampak sedih ketika melewati piala Liga Champions di Stadion Millennium, Sabtu (3/6/2017). Juventus kalah 1-4 dari Real Madrid. (AFP/Javier Soriano)

Peran Buffon di Juventus sudah tidak usah ditanyakan lagi. Berbagai prestasi sudah pernah ia torehkan untuk Si Nyonya Tua. Maka tak heran apabila ia disebut Legenda Juventus.

10 kali Juara Serie A menjadi pencapaian terbaik yang ditorehkan Buffon. Selama berkarier di Juventus ia telah mencatatkan total 671 pertandingan bersama Si Nyonya Tua.

Pada usianya yang sudah menginjak 42 tahun, Buffon masih kerap tampil gemilang bersama Juventus. Pemilik 176 caps bersama Timnas Italia ini kerap kali melakukan penyelamatan yang mustahil dilakukan oleh pemain seusianya.

3 dari 5 halaman

Giorgio Chiellini (36 Tahun)

1. Giorgio Chiellini - Bek tangguh ini tak tergantikan di lini pertahanan Juventus. Di luar sepakbola ternyata pria 33 tahun itu adalah lulusan terbaik di bidang studi Bisnis Ekonomi Universitas Manajemen dan Ekonomi Turin. (AFP/Marco Bertorello)

Chiellini adalah bek yang tangguh Juventus. Perannya mengawal lini pertahanan Juventus tidak pernah tergantikan sejak kedatangannya pada 2005.

Selain itu, kepemimpinan pemain asal Italia ini pun menjadi yang paling diandalkan Si Nyonya Tua, sehingga ia dipercaya mengemban tugas sebagai kapten.

Selama 15 tahun mengabdi di Juventus, Chiellini sudah mencatatkan 510 penampilan di semua kompetisi bersama La Vecchia Signora.

4 dari 5 halaman

Cristiano Ronaldo (35 Tahun)

1. Cristiano Ronaldo (130 gol) - Cristiano Ronaldo menempati posisi pertama sebagai pencetak gol di Liga Champions. Pemain asal Portugal ini mencetak 130 gol dari penampilannya bersama Manchester United, Real Madrid dan Juventus di Liga Champions. (AFP/Miguel Medina)

Cristiano Ronaldo tak butuh waktu lama untuk jadi idola baru di Juventus Stadium, sejak kedatangannya dua tahun yang lalu. Ronaldo langsung memberikan kontribusi yang besar bagi Juventus.

Usia tidak menjadi halangan bagi pemain asal Portugal ini, ia tetap menjadi andalan di lini depan Juventus. Selain itu, pemenang lima edisi Ballon d'Or ini pun turut membantu Si Nyonya Tua menjadi juara Serie A dua musim berturut-turut.

Selama berada di Turin, Cristiano Ronaldo telah membukukan 65 gol dan 18 assist dalam 89 pertandingan yang ia mainkan bersama Juventus.

 

5 dari 5 halaman

Leonardo Bonucci (33 Tahun)

8. Leonardo Bonucci: 6,5 juta euro per tahun. (AP/Alessandro Di Marco)

Loyalitas Bonucci sempat dipertanyakan oleh fans Juventus, ketika ia memutuskan hengkang ke AC Milan. Namun, setelah setahun berada di San Siro, ia memutuskan untuk pulang kampung ke Turin.

Sejak kepulangannya, pemain asal Italia tersebut langsung menjadi pemain kunci di lini pertahanan Juventus musim lalu.

Selama berkarier di Juventus, Bonucci telah mencatatkan 407 penampilan di semua kompetisi dan turut menyumbang 15 trofi bersama La Vecchia Signora.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Hendra Wijaya/Ari Prayoga, published 10/9/2020)