FOTO: Tak Kunjung Dipanggil ke Timnas Senior, Aymeric Laporte Berpindah Kewarganegaraan dari Prancis ke Spanyol

oleh Hendriyan diperbarui 15 Mei 2021, 21:23 WIB
Akibat tak kunjung dipanggil ke Timnas Senior Prancis, bek Manchester City Aymeric Laporte akhirnya memutuskan pindah kewarganegaraan menjadi warga negara Spanyol pada awal pekan lalu. Niat untuk memperkuat Timnas Spanyol pun telah disetujui oleh FIFA. (AFP/Martin Bureau)
Dengan berpindah kewarganegaraan, secara otomatis Aymeric Laporte dapat memperkuat Timnas Spanyol setelah sebelumnya pernah memperkuat Timnas Prancis di level yunior, mulai U-17 hingga U-21. (AFP/Jean-Francois Monier)
Aymeric Laporte belum sekalipun dipanggil Didier Deschamps untuk bermain di Timnas senior Prancis. Hal itu juga lah yang membuat ia lebih memilih pindah kewarganegaraan agar bisa memperkuat Spanyol. (AFP/Stanislav Filippov)
Aymeric Laporte lahir di Agen, Prancis, namun juga mempunyai darah Basque, Spanyol dari kakek buyutnya. Karena itu pula ia bisa bergabung dengan akademi Athletic Bilbao pada 2010 di usai 16 tahun dan memperkuat Bilbao hingga 2018 sebelum dipinang Manchester City hingga kini. (AFP/Jorge Guerrero)
Keputusan Aymeric Laporte banyak menuai kritik, di antaranya dari legenda Timnas Prancis, Emmanuel Petit. Ia menilai tak seharusnya Laporte dengan seenak hatinya memutuskan untuk pindah kewarganegaraan demi dapat bermain memperkuat Spanyol di level senior. (AFP/Lillian Suwanrumpha)
Hal serupa disampaikan mantan penggawa PSG dan Timnas Prancis, Jerome Rothen. Laporte menurutnya adalah sosok oportunis, yang dapat berbuat apa saja sekehendak hatinya. (AFP/Jeff Pachoud)
Setelah resmi pindah kewarganegaraan, Aymeric Laporte berpeluang tampil di Euro 2020 dengan seragam Spanyol. Jika terwujud, kemungkinan ia akan diduetkan dengan Sergio Ramos yang hingga kini belum mempunyai tandem reguler di lini belakang Tim Matador. (AFP/Franck Fife)

Berita Terkait