FOTO: Lebih Dekat dengan Antonin Panenka, Pahlawan Cekoslowakia di Euro 1976 dan Pelopor Tendangan Penalti Panenka

oleh Hendriyan diperbarui 19 Mei 2021, 11:03 WIB
Antonin Panenka dilahirkan pada 2 Desember 1948 di Praha, Cekoslowakia. Karier sepak bolanya dihabiskan bersama klub Bohemians Praha dan Rapid Wiens pada medio 1960-an hingga 1980-an. (AFP/Michal Cizek)
Antonin Panenka adalah pahlawan Cekoslowakia pada gelaran Euro 1976. Ia menjadi penentu Ceko merebut satu-satunya gelar Piala Eropa hingga kini. Pada partai final Cekoslowakia mengalahkan Jerman Barat 5-3 via adu penalti. (AFP/Valery Hache)
Dalam adu penalti, Antonin Panenka didapuk menjadi penendang kelima atau terakhir saat kedudukan 4-3 untuk keunggulan Cekoslowakia. (AFP/Franck Fife)
Antonin Panenka melakukan tugasnya dengan cara tak biasa. Bukannya melepaskan tendangan keras atau pun menempatkan bola ke sudut gawang, ia justru memilih men-chip bola ke arah tengah. Kiper Jerman Barat, Sepp Meier terbang ke kiri dan tertipu mentah-mentah. (thesefootballtimes.co)
Akhirnya Cekoslowakia menang 5-3 melalui adu penalti dan menjadi juara Euro 1976. Euro 1976 sendiri hanya diikuti oleh 4 peserta. Selain Cekoslowakia dan Jerman Barat, dua lainnya adalah tuan rumah Yugoslavia dan Belanda. (eurosport.com)
Sejak saat itu, gayanya mengeksekusi penalti dengan men-chip bola ke tengah menjadi trademark-nya dan dikenal dengan istilah "Penalti Panenka" hingga saat ini. (AFP/Michal Cizek)
Saat ini di usianya yang menginjak 72 tahun, Antonin Panenka menjabat sebagai Presiden Klub Bohemians Praha, mantan klubnya terdahulu. Pada 7 Oktober 2020 lalu, ia sempat dinyatakan positif terjangkit Covid-19 dan mendapat perawatan intensif. (AFP/Michal Cizek)