3 Kiper Hebat yang Bisa Dilirik Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia, Calon Andalan Masa Depan

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 14 Jun 2021, 08:15 WIB
Adi Satrio, Aqil Savik dan Hilman Syah. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menjalani tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan buruk. Satu di antara sejumlah posisi yang menjadi sorotan adalah penjaga gawang yang kebobolan 11 gol dari tiga laga.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Shin Tae-yong mempercayakan posisi kiper Timnas Indonesia pada Nadeo Argawinata dan Muhammad Riyandi. Nadeo bermain dua kali dan Riyandi sekali.

Advertisement

Namun, keduanya gagal memberikan penampilan gemilang di bawah mistar gawang. Nadeo kebobolan enam gol yakni saat melawan Thailand dan Vietnam.

Adapun Riyandi kebobolan lima gol saat menghadapi Uni Emirat Arab. Secara umum terlalu dini untuk menghakimi penampilan kedua kiper yang masih muda tersebut.

Apalagi keduanya belum banyak membukukan penampilan bersama Timnas Indonesia senior. Meski begitu ada sejumlah nama yang patut diperhatikan Shin Tae-yong untuk menjadi pengganti Nadeo dan Riyandi.

Lantas, siapa saja kiper yang layak mendapatkan kesempatan di Timnas Indonesia? Berikut ini tiga kiper hebat dan berkualitas yang bisa dipilih Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia senior pada masa depan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 4 halaman

1. Aqil Savik

Kiper Timnas Indonesia U-19, Aqil Savik, saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (18/9/2018). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFC U-19. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Aqil Savik merupakan kiper masa depan Timnas Indonesia. Pemain Bandung United itu terbilang masih muda dan memiliki segala potensi untuk berkembang.

Aqil Savik sudah dipoles Shin Tae-yong sejak di Timnas U-19. Namun, pada Kualifikasi Piala Dunia 2020 dirinya tak mendapatkan kesempatan bermain.

Aqil Savik masih punya banyak waktu untuk membuktikan penampilannya di bawah mistar gawang. Itu menjadi cara paling ampuh untuk bisa menembus skuad inti Timnas Indonesia di masa depan.

3 dari 4 halaman

2. Adi Satryo

Aksi kiper baru PSS Sleman, Muhammad Adi Satryo. (Dok PSS Sleman)

Adi Satryo merupakan kiper andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19. Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Adi Satryo juga turut dalam skuad Timnas Indonesia senior.

Namun, Shin Tae-yong tak memberikannya kesempatan melakoni laga resmi bersama Timnas Indonesia senior. Padahal secara kualitas Adi Satryo tidak kalah dengan kiper lainnya.

Adi Satryo kini punya banyak waktu untuk membuktikan kemampuannya bersama PSS Sleman di Liga 1. Adi Satryo bisa bersaing untuk posisi kiper di Piala AFF dan SEA Games nanti.

4 dari 4 halaman

3. Hilman Syah

Hilman Syah dua kali tidak kebobolan dalam semifinal dan menahan empat tendangan di babak tos-tosan. Namun, penampilan heroik Hilman Syah tidak didukung oleh rekan-rekannya. Sempat dua kali unggul di adu penalti, PSM kalah 3-4. (Foto: Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Nama Hilman Syah berhasil membuat geger setelah tampil moncer pada Piala Menpora 2021. Kiper berusia 24 tahun itu sukses membantu PSM Makassar melaju ke semifinal.

Hilman Syah tampil mengesankan dengan kemampuan dan refleks mumpuni sebagai kiper. Hilman Syah juga mampu membaca arah bola dengan bagus.

Pelatih Shin Tae-yong bisa memanfaatkannya di Timnas Indonesia. Hilman Syah memenuhi kualitas sebagai kiper bagus untuk Piala AFF atau SEA Games nanti.

Berita Terkait