Euro 2020: Cristiano Ronaldo Berdiri Menyamping Saat Lagu Kebangsaan Portugal, Apa Alasannya?

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 16 Jun 2021, 07:30 WIB
Timnas Portugal berpose sebelum laga kontra Hungaria pada penyisihan Grup F Euro 2020 di Stadion Ferenc Puskas, Budapest, Selasa, 15 Juni 2021. (AP Photo/Laszlo Balogh, Pool)

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo menyanyikan lagu kebangsaan Portugal dengan kebanggaan dan semangat yang luar biasa menjelang pertandingan pembukaan Euro 2020 melawan Hungaria, tetapi melakukannya sambil berdiri menyamping. Apa alasannya?

Saat kamera menyorot ke kapten dan jimat Portugal, Cristiano Ronaldo tampak berbeda dengan rekan setimnya yang lain. Dia berdiri menyamping, dengan tangan di bahu kiper Rui Patricio.

Advertisement

Ini bukan pertama kalinya kita melihat pemenang Ballon d'Or lima kali itu mengadopsi pendekatan unik tersebut saat pemutaran lagu kebangsaan. Tapi ada alasan bagus untuk itu karena Cristiano Ronaldo sebenarnya menunjukkan patriotismenya dengan menghadap ke arah bendera Portugal.

Menariknya, gestur tersebut selalu dilakukan Cristiano Ronaldo sejak debut di Euro 2004 silam bersama Portugal.

Video

2 dari 2 halaman

Top Skorer Sepanjang Masa Piala Eropa

Striker Portugal, Cristiano Ronaldo merayakan golnya ke gawang Hungaria dalam laga perdana Grup F Euro 2020, Selasa (15/6/2021). (Attila KISBENEDEK / POOL / AFP)

Penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak Piala Eropa sepanjang masa. Brace-nya ke gawang Hungaria pada laga perdana Grup F Euro 2020 menambah rekening golnya menjadi 11.

Gol pertama dicetaknya melalui titik penalti. Itu sekaligus melewati rekor sembilan gol yang dipegang oleh Michel Platini. Eks striker Timnas Prancis itu mencetak sembilan gol di Piala Eropa, yang semuanya ia cetak di edisi Euro 1984.

Portugal mengalahkan Hungaria 3-0, dengan Raphael Guerreiro mencetak gol pembuka. Ronaldo kemudian mencetak dua gol lagi di sisa waktu yang ada

Gol dalam pertandingan pertama turnamen itu di Portugal pada hari Selasa bukanlah satu-satunya rekor yang dipecahkan Ronaldo.

Ronaldo juga menjadi pemain pertama yang mencetak gol di lima Piala Eropa, setelah mencetak gol di turnamen edisi 2020, 2016, 2012, 2008 dan 2004.

Berita Terkait