Euro 2020: Bek Timnas Belgia Beberkan Cara Matikan Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo

oleh Hendry Wibowo diperbarui 27 Jun 2021, 15:40 WIB
Pemain Portugal Cristiano Ronaldo berselebrasi di samping pemain Jerman Joshua Kimmich setelah mencetak gol pada pertandingan Grup F Euro 2020 di Allianz Arena, Munchen, (AP Photo/Matthias Schrader, Pool)

Bola.com, Jakarta - Bintang Timnas Portugal Cristiano Ronaldo bakal mendapat perhatian khusus dari bek Timnas Belgia Toby Alderweireld saat kedua tim saling sikut pada babak 16 besar ajang Euro 2020, Senin (28/06/2021) dini hari WIB. 

Namun, bukan berarti bek timnas Belgia itu meremehkan pemain Portugal lainnya. Belgia tampil sempurna pada fase grup Euro 2020. Belgia meraih sembilan poin dari tiga laga dan menjadi juara Grup B. Belgia lolos ke babak 16 Besar dan akan berjumpa Portugal.

Advertisement

Hasil bagus di fase grup membuat Belgia menjadi unggulan di Euro 2020. Namun, Portugal sebagai juara bertahan juga unggulan di Euro 2020. Duel dua tim unggulan ini akan digelar di Stadion Olimpico de Sevilla.

Cristiano Ronaldo bakal menjadi teror utama bagi lini belakang Portugal. Ronaldo dalam performa yang bagus. Pemain 36 tahun itu sudah mencetak lima gol dan sedang memimpin daftar top skor sementara Euro 2020.

"Apa cara terbaik untuk menghentikan Ronaldo? Sebagai sebuah tim," ucap Alderweireld di situs resmi UEFA. "Itu selalu menjadi kekuatan kami," sambung pemain berusia 32 tahun itu.

Alderweireld menambahkan, Belgia tidak hanya fokus pada Ronaldo seorang. Belgia melihat ada beberapa pemain Portugal lain yang juga bisa merepotkan jika tidak mendapat penjagaan secara khusus.

"Kami tidak boleh meremehkan Bernardo Silva. Dia pemain yang luar biasa, begitu juga Diogo Jota. Mereka memiliki banyak pemain yang bisa mencetak gol entah dari mana. Kami tentu tidak meremehkan mereka," tegasnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Antusias

Pada menit ke-65, Romelu Lukaku berhasil merobek gawang Belgia setelah menerima umpan dari Kevin De Bruyne. Sayangya gol ini dianulir oleh wasit setelah dirinya terbukti offside ketika ditinjau dari VAR. (Foto: AP/Pool/Lars Baron)

Pelatih Belgia, Roberto Martinez, menyebut tim racikannya sangat antusias jelang duel melawan Portugal pada babak 16 besar Euro 2020. Martinez merasa Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan punya keinginan yang kuat untuk menang dan lolos ke babak perempat final.

"Saya merasakan banyak kegembiraan dan energi di grup ini," kata Martinez.

"Portugal adalah tim yang cepat beradaptasi dengan keadaan. Apakah itu pertandingan terbuka atau tertutup tergantung pada apa yang terjadi," sambung mantan pelatih Everton tersebut.

Sumber: UEFA

Berita Terkait