Kompetisi Ditunda Lagi, PT LIB Segera Gelar Pertemuan dengan Klub Liga 1 dan Liga 2

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 29 Jun 2021, 20:45 WIB
Ekspresi para pemain PSM Makassar setelah takluk dari PSS Sleman pada perebutan peringkat ketiga Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (24/4/2021). (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana menggelar pertemuan dengan klub Liga 1 dan Liga 2 dalam waktu dekat. Pertemuan itu dilakukan untuk membahas penundaan kompetisi musim 2021/2022.

Kompetisi Liga 1 2021/2022 sejatinya akan bergulir pada 9 Juli mendatang. Namun, rencana tersebut batal terealisasi setelah adanya permintaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menunda kompetisi.

Advertisement

BNPB meminta PSSI dan PT LIB menunda kompetisi karena situasi COVID-19 yang tidak kondusif di Indonesia. Penundaan itu dilakukan sampai akhir Juli 2021.

"Dalam waktu dekat, PT LIB akan melakukan pertemuan dengan klub Liga 1 dan Liga 2 melalui virtual. Kami yakin dengan situasi seperti ini klub membutuhkan kepastian untuk bisa mempersiapkan diri," kata Sudjarno dalam konferensi pers virtual, Selasa (29/6/2021).

Meski demikian, Sudjarno berharap kompetisi bisa bergulir lebih cepat sebelum waktu yang ditentukan. Harapannya adalah agar situasi Indonesia lebih kondusif dari pandemi COVID-19.

"Insyaallah dengan upaya kita semua, mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan baik. Semoga pandemi bisa turun sehingga kita bisa bergerak lebih cepat untuk kick-off Liga 1 dan Liga 2 tidak sampai akhir Juli," tegas Sudjarno.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Patuh Kepada Pemerintah

Sekjen PSSI, Yunus Nusi. (PSSI).

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengaku pihaknya mendukung penuh pemerintah dalam upaya menekan angka COVID-19 dengan menunda penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2. Yunus Nusi berharap penundaan ini bisa membantu pemerintah dalam upaya menekan angka penyebaran COVID-19.

"Berdasarkan asas kemanusiaan, PSSI dan PT LIB bersedia mengikuti saran pemerintah. Kami ketahui bersama kondisi COVID-19 di Indonesia sedang memburuk, PSSI dan PT LIB selalu memberikan dukungan kepada penanganan COVID-19," tegas Yunus Nusi.

PSSI dan PT LIB belum bisa secara pasti menentukan jadwal baru Liga 1 dan Liga 2. Jadwal kompetisi sepenuhnya akan bergantung pada situasi pandemi COVID-19.