Hasil dan Klasemen Liga Italia: Bungkam Fiorentina, Juventus Masih Jauh dari Papan Atas

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 07 Nov 2021, 06:28 WIB
Gelandang Juventus, Juan Cuadrado (kiri) selebrasi bersama Kaio Jorge. Juventus menumbangkan Fiorentina 1-0 di Turin, Minggu (7/11/2021). (AFP/Isabella Bonotto)

Bola.com, Turin - Juventus menang atas Fiorentina 1-0 pada giornata ke-12 Liga Italia Serie A di Allianz Stadium, Turin, Minggu (7/11/2021). Gol semata wayang pada laga ini diciptakan oleh Juan Cuadrado pada injury time.

Meski merebut tiga poin, Juventus masih jauh dari papan atas. Pasukan Max Allegri di posisi ke-8 dengan poin 18.

Advertisement

Pertandingan ini berjalan seru. Kedua tim memainkan tempo yang cukup cepat dan saling melakukan jual beli serangan.

Meski saling melakukan jual beli serangan, kedua tim masih kesulitan membuat peluang yang berbahaya. Ini dikarenakan pertahanan kedua tim bermain cukup disiplin di laga ini.

Di menit 17 laga sempat dihentikan sebentar, karena Matthijs De Ligt tidak sengaja 'menyolok' mata Terracciano saat melakukan duel udara. Setelah mendapatkan perawatan, Terracciano bisa melanjutkan pertandingan.

Peluang berbahaya pertama di laga ini lahir pada menit 33. Riccardo Sapponara melepaskan tembakan keras memanfaatkan umpan silang Odriozola, namun sayang bola melayang tipis di atas mistar gawang Juventus.

Jual beli serangan terus berlanjut namun skor untuk Juventus dan Fiorentina 0-0 bertahan hingga turun minum.

2 dari 5 halaman

Babak Kedua

Serie A - Juventus Vs Fiorentina (Bola.com/Adreanus Titus)

Pada jeda pertandingan, Max Allegri membuat satu pergantian pemain. Ia menarik keluar Alex Sandro dan menggantikannya dengan Luca Pellegrini.

Baru lima menit laga berjalan, Alvaro Morata sudah mengancam gawang Fiorentina, namun tembakannya masih melebar dari gawang La Viola.

Petaka datang bagi Fiorentina pada menit 73. Nikola Milenkovic mendapatkan kartu kuning keduanya setelah ia melanggar Federico Chiesa. Alhasil La Viola harus bermain dengan 10 pemain.

Juventus tidak menyia-nyiakan keunggulan jumlah pemain ini. Pada menit 77 Federico Chiesa nyaris mencetak gol namun tembakan kerasnya hanya menghantam mistar gawang Fiorentina.

Publik Turin sempat bergemuruh pada menit 82 saat Alvaro Morata sukses membobol gawang Terracciano namun gol itu dianulir karena sang striker sudah offiside terlebih dahulu.

Setelah 'gol' Morata itu, Terracciano harus bekerja keras. Ia membuat dua penyelamatan spektakuler untuk menggagalkan peluang Morata dan Chiesa yang nyaris berbuah gol.

Usaha tidak kenal menyerah Juventus akhirnya berbuah manis pada injury time. Juan Cuadrado masuk ke dalam kotak penalti lalu melepaskan tembakan mendatar ke arah tiang dekat Terracciano dan bola masuk ke gawang Fiorentina. Skor 1-0 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Berkat kemenangan ini Juventus naik ke peringkat delapan klasemen sementara Serie A dengan koleksi 18 poin. Mereka menyamai perolehan poin Fiorentina di peringkat tujuh, namun La Viola unggul selisih gol.

3 dari 5 halaman

Susunan Pemain

Juventus (4-4-2): Perin; Sandro (Pellegrini 46'), de Ligt, Rugani, Danilo; Rabiot (Cuadrado 79'), Locatelli, McKennie, Chiesa; Morata (Jorge 88'), Dybala (Bentancur 90').

Pelatih: Max Allegri

Fiorentina (4-3-3): Terracciano; Biraghi, Quarta, Milenkovic, Odriozola; Castovilli (Nastasic 79'), Torreira (Amrabat 64'), Bonaventura (Duncan 78'); Saponara (Sottil 75'), Vlahovic, Callejon (Igor 75').

Pelatih: Vincenzo Italiano

4 dari 5 halaman

Hasil Laga Lain

Serie A - Ilustrasi Piala Serie A (Bola.com/Adreanus Titus)

Empoli Vs Genoa 2-2

Spezia Vs Torino 1-0

Juventus Vs Fiorentina 1-0

Cagliari Vs Atalanta 1-2

 

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi)

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Berita Terkait