MOTION GRAFIS: Para Pencetak Total Minimal 10 Gol dalam Sejarah Piala AFF, Termasuk Bambang Pamungkas

oleh Okie Prabhowo diperbarui 11 Nov 2021, 17:17 WIB

Bola.com, Jakarta - Dalam sepanjang sejarah Piala AFF, terdapat beberapa pemain yang telah mencetak total lebih dari 10 gol. Salah satunya adalah mantan pemain Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas.

Total Bambang Pamungkas telah mencetak 12 gol di Piala AFF. Bepe, sapaan akrabnya, pernah menjadi pencetak gol terbanyak saat Timnas Indonesia berpartisipasi dalam turnamen antarnegara se-Asia Tenggara tersebut untuk edisi 2002.

Advertisement

Ketika itu, Timnas Indonesia mencapai babak final. Namun, pada partai puncak, Tim Garuda kalah dalam adu penalti menghadapi Thailand. Adu penalti terjadi setelah kedua tim bermain imbang 2-2.

Bambang Pamungkas bukan salah satu pemain yang mencetak dua gol Timnas tersebut. Dua pencetak gol Tim Merah Putih adalah Yaris Riyadi dan Gendut Doni.

Namun, Bepe menjadi penendang pertama saat adu penalti. Ia sukses dalam menjalankan tugasnya, seperti juga Imran Nahumarury. Dua eksekutor yang tidak berhasil dalam adu penalti yaitu Bejo Sugiantoro dan Agus Firmansyah.

Selain Bambang Pamungkas, Kurniawan Dwi Yulianto juga masuk dalam daftar para pencetak total minimal 10 gol dalam sejarah Piala AFF. Total "Si Kurus" menorehkan total 13 gol.

Bagaimana dengan pemain atau mantan pemain dari negara lain? Terdapat 4 orang dari Thailand, 3 dari Singapura, dan dua berasal dari Vietnam.

Siapa saja mereka yang masuk dalam daftar para pencetak total minimal 10 gol dalam sejarah Piala AFF? Total gol Bambang Pamungkas lebih banyak dari siapa saja? Jawabannya bisa para pembaca temukan dalam tayangan motion grafis di atas.

Berita Terkait