Foto: Grazie, Thank You, Terima Kasih Valentino Rossi

oleh Ikhwan Yanuar Harun diperbarui 15 Nov 2021, 05:46 WIB
Setelah mengaspal di ajang Grand Prix selama 26 tahun, Valentino Rossi akhirnya mengucapkan selamat tinggal kepada olahraga yang sangat dicintainya, belahan jiwanya. Dia memutuskan pensiun di usia 42 tahun. (AFP/Jose Jordan)
Dunia MotoGP sangat kehilangan sosok Rossi. Selama bertahun-tahun ia menjadi ikon MotoGP, dan belum ada yang menyamai nama besarnya. (AP Photo/Alberto Saiz)
Hebatnya, The Doctor bukan hanya berkarier panjang. Dia menghiasi kariernya dengan pencapaian gemilang, merangkul jutaan fans, dan membuat MotoGP menjadi lebih moncer. (AFP/Jose Jordan)
Namun, Rossi akhirnya telah memilih untuk berhenti pada akhir musim ini. MotoGP Valencia menjadi last dance atau tarian terakhir. (AFP/Jose Jordan)
Pemandangan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, benar-benar menunjukkan penghormatan besar terhadap Rossi. Bukan hanya penonton tapi rider juga menunjukkan sikap hormat kepada sang legenda. (AP Photo/Alberto Saiz)
Rossi benar-benar menjadi aktor utama. Meskipun hanya menempati posisi ke-10 saat balapan, kamera terus terarah kepadanya agar penggemar di seluruh dunia dapat menyaksikan kehebatannya. (AP Photo/Alberto Saiz)
Yamaha, tim yang dibela Rossi, dalam dua periode terpisah sepanjang kariernya juga sangat kehilangan sang legenda. (AFP/Jose Jordan)
Pabrikan asal Iwata itu mendedikasikan pesan penuh cinta dan salam perpisahan dari motor M1, yang jadi tunggangan andalan The Doctor di Yamaha untuk Valentino Rossi. Grazie Vale. (AP Photo/Alberto Saiz)