Foto: 4 Pelatih yang Mengantarkan Timnas Indonesia Menjadi Runner-up dalam Piala AFF, Alfred Riedl Dua Kali

oleh Hendriyan diperbarui 23 Nov 2021, 22:33 WIB
Prestasi terbaik Timnas Indonesia di ajang Piala AFF adalah lima kali sebagai runner-up dari total 12 kali penyelenggaraan mulai 1996 hingga 2018. Dari kelimanya, terdapat empat pelatih yang berperan di dalamnya. Berikut keempat pelatih tersebut. (AFP/Hoang Dinh Nam)
Nandar Iskandar (kiri). Legenda Persib Bandung ini menjadi pelatih pertama yang mampu membawa Timnas Indonesia meraih peringkat kedua di ajang Piala AFF. Ia meraihnya pada edisi ketiga di tahun 2000 saat dilangsungkan di Thailand. Timnas Garuda kalah 1-4 dari Thailand di final. (Bola.com/Erwin Snaz)
Ivan Kolev. Pelatih asal Bulgaria ini menjadi pelatih kedua yang mampu mengantar Timnas Indonesia menggapai posisi runner-up pada Piala AFF 2002. Dalam ajang yang merupakan edisi keempat dan digelar di Jakarta, Indonesia kembali kalah dari Thailand melalui adu penalti 2-4 (2-2). (AFP/Jewel Samad)
Peter Withe. Dalam Piala AFF 2004 yang digelar di Vietnam dan Malaysia, Timnas Indonesia kembali menjadi runner-up saat ditangani pelatih asal Inggris, Peter Withe. Dalam laga final kontra Singapura yang digelar dua leg, Indonesia kalah 1-3 di Jakarta dan kalah 1-2 di Singapura. (AFP/Stanley Chou)
Alfred Riedl. Pelatih asal Austria yang telah berpulang pada 8 September 2020 lalu menjadi pelatih keempat yang mampu membawa Timnas Indonesia meraih posisi kedua di Piala AFF. Bahkan ia melakukannya dua kali, yaitu pada edisi 2010 dan 2016. (AFP/Hoang Dinh Nam)
Pada Piala AFF tahun 2010 yang merupakan edisi kedelapan dan diselenggarakan di Indonesia dan Vietnam, Timnas Indonesia kalah dari Malaysia di partai final. Dalam laga dua leg, Indonesia kalah 0-3 saat bermain di Malaysia dan menang 2-1 saat di Jakarta. (AFP/Adek Berry)
Pada Piala AFF 2016 yang merupakan edisi kesebelas dan diselenggarakan di Myanmar dan Filipina, Timnas Indonesia kalah dari Thailand di partai final. Dalam laga dua leg, Indonesia menang 2-1 saat bermain di Stadion Pakansari, Bogor namun kalah 0-2 saat bermain di Thailand. (AFP/Lillian Suwanrumpha)

Berita Terkait