Prediksi Barito Putera Vs Madura United di Piala Presiden 2022: 3 Poin demi Tiket Perempat Final

oleh Wahyu Pratama diperbarui 25 Jun 2022, 07:30 WIB
Piala Presiden 2022 - Grup B - Barito Putera Vs Madura United (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Madura United dalam posisi terhimpit saat menghadapi Barito Putera dalam lanjutan Grup B Piala Presiden 2022 yang berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (25/6/2022) sore. Untuk ke perempat-final, mereka diharuskan meraih tiga angka penuh.

Saat ini, Madura United tertahan di peringkat keempat dengan raihan satu poin dari dua laga awal. Mereka berjarak empat poin dari Barito Putera dan RANS Nusantara FC yang menguasai klasemen Grup B Piala Presiden 2022 dengan lima angka dari tiga pertandingan.

Advertisement

Hal serupa juga tengah diincar Barito Putera. Hanya kemenangan yang membuka asa Laskar Antasari untuk lolos ke fase gugur. Mereka pun dituntut untuk menang besar demi meraup selisih gol yang lebih banyak.

Melihat performa terkini, Barito Putera jelas lebih diunggulkan. Tetapi jika menilik catatan sejarah dalam 10 pertandingan sebelumnya di semua kompetisi, mereka wajib waspada.

Pencapaian terbaik mereka hanya merebut hasil imbang di empat pertandingan. Sementara enam pertandingan sisanya dikuasai oleh Madura United termasuk kemenangan telak 3-0 di markas Barito Putera.

 

2 dari 5 halaman

Pertahanan Kokoh, Lini Depan Mengkhawatirkan

Striker muda Persija Jakarta, Muhammad Rafli Mursalim, saat memperkuat Macan Kemayoran menghadapi Barito Putera di Piala Presiden 2022. (Dok. Persija Jakarta)

Walaupun menguasai puncak klasemen, Barito Putera sejatinya menghadapi 'masalah' di lini depan. Tiga gol yang diciptakan mereka terlihat jomplang jika menilik komposisi lini serang yang dimiliki klub asal Kalimantan Selatan tersebut.

Padahal, mereka melepaskan hingga 17 tembakan ke arah gawang dalam tiga laga awal. Secara rata-rata, mereka membutuhkan setidaknya enam tembakan ke gawang sebelum menggoyang gawang lawan.

Melihat kondisi tersebut, Rafael Silva dkk bakal dituntut untuk lebih klinis di pertandingan nanti. Dengan kewajiban menang dengan skor besar, setiap peluang yang didapatkan akan sangat berharga dalam menentukan langkah mereka selanjutnya.

 

3 dari 5 halaman

Menunggu Magis Alberto Goncalves

Striker Madura United, Alberto 'Beto' Goncalves, memilih mengenakan jersey bernomor punggung 90 di Shopee Liga 1 2019. (Bola.com/Aditya Wany)

Madura United memang memanfaatkan Piala Presiden 2022 untuk mematangkan skema permainan. Tetapi satu hal yang terlihat di dua laga awal, mereka kesulitan merancang permainan yang ciamik untuk menembus pertahanan lawan.

Klub berjuluk Laskar Sape Kerrap sama sekali belum mencetak gol. Padahal, mereka diperkuat Alberto Goncalves yang merupakan topskor tim.

Suplai bola yang tak lancar disinyalir menjadi penyebab pria yang akrab disapa Beto itu minim mendapat peluang emas. Hal itu menjadi pekerjaan rumah bagi pelatih Fabio Lefundes dalam menghadapi pertandingan ini.

 

4 dari 5 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

  • Barito Putera (4-3-3): Adhitya Harlan, Bagas Kaffa, M. Firly, Renan Alves, Frank Sokoy, Bayu Pradana, M. Luthfi Kamal, Ryota Noma, Rafinha, Ambrizal Umanailo, Rafael Silva
  • Pelatih: Dejan Antonic
  • Madura United (4-3-3): Rendy Oscario, Dodi Alekvan Djin, Kadek Raditya, Cleberson, Reva Adi Utama, Ricki Ariansyah, Jaja, Lulinha, Esteban Vizcarra, Malik Risaldi Alberto Goncalves
  • Pelatih: Fabio Lefundes

Prediksi Bola.com: Barito Putera 50-50 Madura United

5 dari 5 halaman

Berita Terkait