5 Bek Kiri Termahal yang Pernah Dibeli Chelsea: Ada yang Tembus Rp988 Miliar

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 09 Agu 2022, 06:45 WIB
Chelsea - Ben Chilwell, Marc Cucurella, Marcos Alonso (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Chelsea memiliki sejarah panjang sebagai klub yang doyan membeli pemain secara mahal. Tradisi itu sudah berlangsung sejak era kedatangan Roman Abramovich pada 2003.

Sejak saat itu, Roman Abramovich selalu memenuhi keinginan manajer Chelsea untuk mendatangkan pemain berkualitas. Harga tinggi bukan jadi penghalang karena apapun dilakukan untuk bisa memberikan gelar.

Advertisement

Tradisi itu ternyata masih dipertahankan meski Chelsea saat ini sudah diambil alih oleh Todd Boehly. Dana belanja besar tetap disediakan untuk bisa merekrut pemain-pemain yang dibutuhkan tim.

Lantas, siapa saja bek kiri termahal yang pernah dibeli Chelsea sepanjang sejarah? Berikut ini lima di antaranya menurut laporan dari Transfermarkt.

2 dari 7 halaman

5. Yuri Zhirkov

Yuri Zhirkov. Bek kiri berusia 38 tahun yang baru bergabung Januari 2022 dengan FK Khimki di Divisi Utama Liga Rusia ini pernah memperkuat Chelsea di Liga Inggris. Total 2 musim mulai 2009/2010 hingga 2010/2011 ia tampil dalam 29 laga di Liga Inggris dengan torehan 7 assist. (AFP/Carl De Souza)

Yuri Zhirkov didatangkan Chelsea dari CSKA Moskow pada musim panas 2009 dengan biaya transfer 21 juta euro (Rp317 miliar). Zhirkov tercatat hanya membela The Blues selama dua musim hingga 2011.

Zhirkov mencatatkan 41 pertandingan di semua ajang bersama Chelsea. Dia berhasil mencetak satu gol dan membuat 11 assist dari penampilannya tersebut.

Selama berkarier di Stamford Bridge, Zhirkov ikut memenangkan Premier League dan Piala FA. Setelah bermain di Inggris, Zhirkov kemudian kembali ke Rusia dengan memperkuat Anzhi Makhachkala.

3 dari 7 halaman

4. Marcos Alonso

Marcos Alonso. Bek kiri Spanyol berusia 31 tahun yang kini menjalani musim ke-7 bersama Chelsea ini didatangkan dari Fiorentina pada awal musim 2016/2017 dengan nilai transfer 23 juta euro atau kini setara Rp350 miliar. Hingga kini ia total telah tampil dalam 211 laga di semua ajang dengan torehan 29 gol dan 23 assist. Dengan kedatangan Marc Cucurella, otomatis menjadi pembuka jalan baginya untuk segera hengkang dari Chelsea menuju Barcelona di awal musim 2022/2023 ini. (AFP/Glyn Kirk)

Marcos Alonso saat ini menjadi salah satu pemain terlama di skuat Chelsea. Dia bergabung dengan The Blues dari Fiorentina pada 2016 dengan biaya transfer 23 juta euro (Rp348 miliar).

Alonso termasuk punya karier yang cukup sukses selama berada di Stamford Bridge. Dia telah membantu tim London Utara itu memenangkan Premier League, Liga Europa dan Liga Champions.

Kontrak Alonso dengan Chelsea akan habis pada tahun depan. Pemain belakang asal Spanyol tersebut sudah memainkan 211 penampilan untuk The Blues dengan mencetak 29 gol dan 23 assist.

4 dari 7 halaman

3. Baba Rahman

Baba Rahman - Pemain asal Ghana ini direkrut Chelsea dari Ausgburg dengan banderol 26 juta euro pada tahun 2015. Namun sayang, ia tidak pernah mendapat kesempatan untuk membuktikan kualitasnya hingga sang pemain lebih sering menghabiskan waktunya di klub lain sebagai pinjaman. (Foto: AFP/Paul Ellis)

Baba Rahman bergabung dengan Chelsea pada tahun 2015. Pemain asal Ghana tersebut direkrut dari Ausgburg dengan biaya transfer sebesar 26 juta euro (Rp393 miliar).

Sayang, Baba Rahman tidak pernah mendapat kesempatan untuk membuktikan kualitasnya di Stamford Bridge. Bek kiri berusia 28 tahun itu lebih sering menghabiskan waktunya di klub lain dengan status pinjaman.

Pada musim lalu, Baba Rahman menjalani masa peminjaman di klub Championship Reading. Sejauh ini ia baru mencatatkan 23 penampilan di semua kompetisi bersama Chelsea.

5 dari 7 halaman

2. Ben Chilwell

Ben Chilwell. Bek kiri Inggris berusia 25 tahun yang kini menjalani musim ke-3 bersama Chelsea ini didatangkan dari Leicester City pada awal musim 2020/2021 dengan nilai transfer 50,2 juta euro atau kini setara Rp764 miliar. Hingga kini ia total telah tampil dalam 56 laga di semua ajang dengan torehan 7 gol dan 9 assist. Usai pulih dari cedera yang dialaminya musim lalu, kini ia harus bersaing dengan Marc Cucurella untuk mendapatkan tempat utama di sektor kiri pertahanan The Blues. (AFP/Getty Images/Ethan Miller)

Ben Chilwell merupakan salah satu rekrutan Chelsea pada musim panas 2020 lalu. Ia ditebus dengan biaya yang mencapai 50,2 juta euro (Rp759 miliar) dari Leicester City.

Kedatangan Chilwell diharapkan bisa menyelesaikan masalah di posisi bek kiri Chelsea. Sayangnya, pemain asal Inggris tersebut mendapat cedera ACL pada November 2021.

Sampai sejauh ini Chilwell sudah bermain dalam 55 laga di semua kompetisi bersama Chelsea. Ia sukses mencatatkan tujuh gol dan 12 assist dari penampilannya tersebut.

6 dari 7 halaman

1. Marc Cucurella

Marc Cucurella. Bek kiri Spanyol berusia 24 tahun ini baru saja didatangkan Chelsea dari Brighton and Hove Albion pada awal musim 2022/2023. Pemain yang dihargai 65,3 juta euro atau setara Rp994 miliar ini langsung dimainkan saat Chelsea menang 1-0 atas tuan rumah Everton di pekan pertama Liga Inggris 2022/2023. Semusim membela Brighton, ia total tampil dalam 38 laga di semua ajang dengan torehan 1 gol dan 2 assist. (AFP/Lindsey Parnaby)

Marc Cucurella menunjukkan performa yang sangat mengesankan bersama Brighton. Chelsea kemudian membawanya ke Stamford Bridge pada musim panas 2022 ini.

Bek kiri asal Spanyol tersebut ditebus Chelsea dengan biaya yang mencapai 65,3 juta euro (Rp988 miliar). Cucurella datang ke Stamford Bridge pada usia 24 tahun.

Cucurella punya kecepatan yang luar biasa dan performanya cukup konsisten. Kini ia pun memikul beban sebagai bek kiri termahal dalam sejarah Chelsea.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 8/8/2022)

7 dari 7 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Berita Terkait