BRI Liga 1: Hadapi Barito Putera, Pelatih PSS Berharap Mental dan Psikologi Pemain Ada di Level Terbaik

oleh Hery Kurniawan diperbarui 11 Agu 2022, 08:45 WIB
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro memberikan instruksi dalam sesi pemusatan latihan Elang Jawa (dok. PSS Sleman)

Bola.com, Sleman - PSS Sleman akan melakoni laga kandang di pekan ke-4 BRI Liga 1 2022/2023. Di laga ini, PSS akan menghadapi Barito Putera, Sabtu (13/08/2022) mendatang di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Pelatih PSS Sleman merasa kedua tim memiliki waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkan diri menghadapi laga di akhir pekan nanti.

Advertisement

"Kami sama-sama mempunyai waktu yang cukup. Harapannya, kami bisa memaksimakan kondisi pemain baik secara fisik, kebugarannya hingga ke ranah taktikal," ungkap pelatih kepala PSS, Seto Nurdiyantoro.

"Persiapan sejauh ini untuk pertandingan Sabtu mendatang, mudah-mudahan pemain dalam kondisi yang baik. Harapan saya kepada pemain, mentalitas dan psikologis dalam kondisi terbaik. Ini yang paling penting,” lanjutnya. 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Barito Putera Punya Skuad Berkualitas

Winger Borneo FC, Stefano Lilipaly mendapatkan pengawalan ketat dari bek tengah Barito Putera, Doni Monim dalam laga Piala Presiden 2022, Rabu (22/6/2022) (Dok. Borneo FC)

Meladeni Barito Putera, Seto memberikan penilaian mengenai kualitas tim asuhan Dejan Antonic itu. Menurutnya, tim Barito Putera memiliki kualitas pemain yang merata.

"Banyak pemain tim nasional yang berada di Barito Putera. Selain itu legiun pemain asingnya mampu mendongkrak tim,” puji Seto.

Laga ini bakal menjadi comeback menarik bagi pelatih Barito Putera, Dejan Antonic. Pelatih asal Serbia itu sempat menukangi PSS Sleman di musim lalu.

 

3 dari 5 halaman

Seto soal Dejan Antonic

Menanggapi kehadiran Dejan Antonic di kursi pelatih kepala Barito Putera, Seto menyebutkan bahwa pelatih kelahiran Serbia tersebut sudah memahami karakter permainan PSS berserta antisipasinya.

"Saya pikir bakal menjadi pertandingan yang sulit, semoga konsentrasi dan fokus pemain di pertandingan besok bisa lebih dari pertandingan sebelumnya," tegas Seto. 

"Selain itu, semangat serta kemauan pemain PSS meraih hasil terbaik juga harus bisa lebih. Mudah-mudahan tim PSS mendapatkan hasil yang terbaik pada pertandingan tersebut,” lanjutnya. 

 

 

4 dari 5 halaman

Motivasi Kepada Pemain

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, memberikan tanggapan saat konferensi pers setelah laga perempat final Piala Presiden 2022 menghadapi Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jumat (01/07/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Faktor cedera menjadi salah satu resiko yang dihadapi setiap tim peserta kompetisi sepak bola termasuk PSS sendiri.

Menghadapi Barito Putera di laga kandang, beberapa penggawa Laskar Sembada mengalami cedera dan kemungkinan besar absen pada laga tersebut.

"Nurdiansyah masih latihan terpisah bersama Riki Dwi dan Syaiful. Kemarin Fariz juga mengalami latihan terpisah," Seto menuturkan. 

"Untuk Bagus, Kim dan Ibrahim Sanjaya sudah terlibat latihan bersama tim. Harapannya, trauma cederanya bisa teratasi dan semakin menemukan penampilan terbaiknya,” lanjutnya.

 

 

 

5 dari 5 halaman

Bagaimana Kondisi Saddam Gaffar?

Pemain muda PSS Sleman yang mengikuti TC virtual Timnas Indonesia U-19, Saddam Emiruddin Gaffar. (Instagram Saddam Emiruddin Gafar)

Mengenai kondisi Saddam Gaffar juru gedor muda Laskar Sembada yang sudah kembali berlatih usai mengalami cedera ACL, Seto menyatakan tim pelatih memberikan dukungan penuh kepadanya.

"Hampir semua pemain yang mengalami cedera berat perlu proses dan waktu untuk mengembalikan kepercayaan diri. Saya melihat dengan kondisi ini, teman-teman pemain memberikan dukungan kepada Saddam agar kembali lagi bermain dengan bagus," ujar Seto. 

"Kami selalu libatkan Saddam dalam latihan dengan pengawasan dari tim medis,” lanjut pelatih berlisensi AFC Pro ini.

Selain Saddam, Ega Rizky juga sudah kembali berlatih usai menjalani operasi pada pergelangan tangannya yang memaksanya menepi dari lapangan dalam waktu panjang.

"Ada sesuatu yang positif ketika ada pemain yang baru sembuh cedera. Harapannya, kembali dengan performa top. Hal ini tentu bagus bagi kami tim pelatih. Pasalnya kita memiliki banyak pillihan,” tandasnya.

Berita Terkait