Rekap Transfer Chelsea Musim Panas 2022: Boyong 8 Pemain, Jadi Klub Paling Royal Rogoh Rp4,1 Triliun

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 02 Sep 2022, 17:25 WIB
Pemain Anyar Chelsea, Pierre-Emerick Aubameyang. (Twitter/Chelsea)

Bola.com, Jakarta - Chelsea menjadi klub yang terboros di bursa transfer musim panas 2022. Beberapa transfer baru dirampungkan menjelang penutupan, Kamis (1/9/2022) malam waktu setempat. 

Dikutip dari Transfermarkt, Chelsea membelanjakan 278,99 juta euro (sekitar Rp4,1 triliun) pada bursa transfer awal musim ini. Dana tersebut dipakai untuk mendatangkan delapan pemain baru ke Stamford Bridge.

Advertisement

Jumlah tersebut sejatinya masih bisa bertambah. Sebab, dalam daftar transfer yang dibuat Transfermarkt, tidak ada nama Cesare Casadei. Dia dimasukkan dalam tim Chelsea U-21 sehingga tak dihitung sebagai pengeluaran tim utama.

Pada 'deadline day', Chelsea mampu merampungkan dua transfer penting. Mereka mendapatkan Pierre-Emerick Aubameyang dari Barcelona dan meminjam Denis Zakaria dari Juventus. Chelsea juga melepas beberapa pemain.

Lantas, seperti apa aktivitas transfer Chelsea selengkapnya? Simak di bawah ini ya.

 

2 dari 20 halaman

Wesley Fofana

Wesley Fofana - Bek tengah Leicester City ini dipastikan akan absen semusim penuh hingga 2022 mendatang. Pemain berusia 20 tahun tersebut mengalami patah tulang betis dalam pertandingan persahabatan pramusim melawan Villarreal. (Foto: AP/Antonio Calanni)

Posisi: Bek tengah

Usia: 21 tahun

Asal negara: Prancis

Klub asal: Leicester City

Harga/status: 80,4 juta euro

Keterangan: Fofana menjadi pembelian paling mahal Chelsea musim ini. Saga transfer Fofana sangat rumit dan membuat The Blues harus membayar mahal untuknya.

 

3 dari 20 halaman

Marc Cucurella

Sebagai salah satu klub elite di Liga Inggris, Chelsea telah banyak mendatangkan pemain dengan harga mahal unutk memperkuat skuat mereka. Para pemain tersebut biasanya didatangkan dari sesama klub elite di Liga Inggris atau pun diluar Inggris. Namun Chelsea tercatat telah 5 kali mendatangkan pemain dengan harga mahal dari klub menengah alias semenjana di Liga Inggris. Mau tahu siapa saja? Simak uraiannya berikut ini. (AFP/Paul Ellis)

Posisi: Bek kiri

Usia: 24 tahun

Asal negara: Spanyol

Klub asal: Brighton

Harga/status: 65,3 juta euro

Keterangan: Musim lalu, Chelsea tak punya bek kiri yang mumpuni karena Chilwell cedera. Kini, ada Cucurella yang bisa diandalkan.

 

4 dari 20 halaman

Raheem Sterling

Raheem Sterling (kanan) memberikan apresiasi kepada Reece James (tengah) saat tampil apik pada laga Everton vs Chelsea di Goodison Park dalam pekan pertama Liga Inggris 2022/2023, Sabtu (6/8/2022) malam WIB. (AP Photo/Jon Super)

Posisi: Penyerang

Usia: 27 tahun

Asal negara: Inggris

Klub asal: Manchester City

Harga/status: 56,2 juta euro

Keterangan: Ini adalah transfer yang cukup mengejutkan. Sterling adalah pemain penting di Man City, tetapi dilepas begitu saja.

 

5 dari 20 halaman

Kalidou Koulibaly

Chelsea mengalahkan Tottenham Hotspur dalam pekan pertama Premier League 2022/2023 di Stamford Bridge, Minggu (14/8/2022). Kalidou Koulibaly mencetak gol debut dalam laga ini. (AFP/Glyn Klark)

Posisi: Bek Tengah

Usia: 31 tahun

Asal negara: Senegal

Klub asal: Napoli

Harga/status: 38 juta euro

Keterangan: Koulibaly didatangkan untuk menjadi pengganti Rudiger. Koulibaly langsung jadi pilihan utama di lini belakang.

 

6 dari 20 halaman

Carney Chukwuemeka

Carney Chukwuemeka. Gelandang Aston Villa berkebangsaan Inggris ini menjalani debutnya di Premier League dalam laga melawan Tottenham Hotspur di pekan ke-37 pada 21 Februari 2021. Ia berusia 17 tahun, 6 bulan dan 29 hari dalam laga tersebut. (AVC.co.uk)

Posisi: Gelandang

Usia: 18 tahun

Asal negara: Inggris

Klub asal: Aston Villa

Harga/status: 18 juta euro

Keterangan: Chukwuemeka menjadi bagian dari proyek jangka panjang Chelsea. Kehadiran Chukwuemeka membuat Billy Gilmour harus dilepas. 

7 dari 20 halaman

Pierre-Emerick Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang. (Pau BARRENA / AFP)

Posisi: Penyerang

Usia: 33 tahun

Asal negara: Gabon

Klub asal: Barcelona

Harga/status: 12 juta euro

Keterangan: Setelah negosiasi yang alot dan panjang, Aubameyang akhirnya pindah ke Chelsea. Dia akan jadi andalan di lini depan. 

8 dari 20 halaman

Gabriel Slonina

Chelsea resmi mengumumkan kiper muda terbarunya, Gabriel Slonina. (Dok. Chelsea)

Posisi: Kiper

Usia: 18 tahun

Asal negara: Amerika Serikat

Klub asal: Chicago

Harga/status: 9,09 juta euro

Keterangan: Slonina tidak akan bermain untuk Chelsea musim ini. The Blues mengirim Slonina ke Chicago dengan status pinjaman. 

9 dari 20 halaman

Denis Zakaria

Rekan Vlahovic, Denis Zakaria yang sama-sama didatangkan pada bursa transfer Januari 2022 dari Monchengladbach, juga berhasil mencetak gol di laga debutnya. Ia langsung diturunkan sebagai starter dan sukses mencetak gol kedua saat mengalahkan Hellas Verona dengan skor 4-0. (AFP/Isabella Bonotto)

Posisi: Gelandang

Usia: 25 tahun

Asal negara: Swiss

Klub asal: Juventus

Harga/status: Pinjaman

Keterangan: Zakaria datang pada hari terakhir bursa transfer. Zakaria akan menjadi pelapis N'Golo Kante yang sering cedera. 

10 dari 20 halaman

Timo Werner

Timo Werner - Mantan bomber RB Leipzig ini akan memainkan peran kunci di lini depan Chelsea. Ia bisa menjadi duet Romelu Lukaku sekaligus senjata Thomas Tuchel untuk melakukan serangan balik. (Foto: AP/Matt Dunham)

Posisi: Penyerang

Usia: 26 tahun

Asal negara: Jerman

Klub baru: RB Leipzig

Harga/status: 20 juta euro

Keterangan: Werner tidak berkembang dalam dua musimnya di Chelsea. Werner dilepas dengan harga yang jauh lebih murdah dari harga belinya. 

11 dari 20 halaman

Emerson

Pemain asal Italia itu masuk untuk menggantikan peran Kai Havretz. Pergantian ini lebih nampak sebagai upaya membuang waktu daripada mengubah taktik. (AP Photo/Matt Dunham)

Posisi: Bek kiri

Usia: 28 tahun

Asal negara: Italia

Klub baru: West Ham

Harga/status: 15,4 juta euro

Keterangan: Transfer Cucurella membuat Emerson angkat kaki dari Chelsea. Musim lalu, dia sudah dipinjamkan ke Lyon. Kini, Emerson dilepas secara permanen. 

12 dari 20 halaman

Billy Gilmour

Berkat penampilan impresifnya, Billy Gilmour dinobatkan sebagai man of the match dalam laga Chelsea vs Liverpool tersebut. (AFP/Ben Stansall)

Posisi: Gelandang

Usia: 21 tahun

Asal negara: Skotlandia

Klub baru: Brighton

Harga/status: 10,4 juta euro

Keterangan: Chelsea surplus gelandang setelah mendapatkan Zakaria. Jadi, Gilmour dilepas secara permanen ke Brighton. 

13 dari 20 halaman

Romelu Lukaku

Romelu Lukaku menjadi sasaran kekesalan fans usai Inter Milan terkapar di markas Lazio pada pekan ketiga Serie A, Sabtu (27/8/2022).

Posisi: Penyerang

Usia: 29 tahun

Asal negara: Belgia

Klub baru: Inter Milan

Harga/status: Pinjaman

Keterangan: Chelsea mendapatkan 8 juta euro dari peminjaman Lukaku. Dia dilepas usai gagal beradaptasi dengan skema racikan Tuchel. 

14 dari 20 halaman

Marcos Alonso

Marcos Alonso. Bek kiri Spanyol berusia 31 tahun yang kini menjalani musim ke-7 bersama Chelsea ini didatangkan dari Fiorentina pada awal musim 2016/2017 dengan nilai transfer 23 juta euro atau kini setara Rp350 miliar. Hingga kini ia total telah tampil dalam 211 laga di semua ajang dengan torehan 29 gol dan 23 assist. Dengan kedatangan Marc Cucurella, otomatis menjadi pembuka jalan baginya untuk segera hengkang dari Chelsea menuju Barcelona di awal musim 2022/2023 ini. (AFP/Glyn Kirk)

Posisi: Bek kiri

Usia: 31 tahun

Asal negara: Spanyol

Klub baru: Barcelona

Harga/status: Free transfer

Keterangan: Ada dua sumber berbeda soal transfer Alonso. Pertama, dia masuk dalam kesepakatan transfer Aubameyang. Kedua, terjadi pemutusan kontrak antara Alonso dan Chelsea. 

15 dari 20 halaman

Malang Sarr

Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne (kiri) berupaya lepas dari penjagaan bek Chelsea, Malang Sarr, dalam laga Liga Inggris 2021/2022, Sabtu (15/1/2022). (AP Photo/Dave Thompson)

Posisi: Bek tengah

Usia: 23 tahun

Asal negara: Prancis

Klub baru: AS Monaco

Harga/status: Pinjaman

Keterangan: Chelsea mendapatkan 1 juta euro dari peminjaman Sarr. Dia memang tidak masuk dalam rencana Tuchel. 

16 dari 20 halaman

Antonio Rudiger

Pemain Chelsea dengan menit bermain terbanyak adalah Antonio Rudiger. Ia tercatat telah melakoni 47 penampilan di semua kompetisi dengan 4.230 menit bermain. Performanya yang konsisten menjadi faktor utama bek asal Jerman tersebut dimainkan oleh Thomas Tuchel. (AFP/Glyn Kirk)

Posisi: Bek tengah

Usia: 29 ahun

Asal negara: Jerman

Klub baru: Real Madrid

Harga/status: Free transfer

Keterangan: Rudiger menolak kontrak baru yang disodorkan Chelsea. Rudiger ingin menjajal petualangan baru bersama Real Madrid. 

17 dari 20 halaman

Andreas Christensen

Bek baru Barcelona Andreas Christensen. (foto: Michael Reaves/Getty Images/AFP)

Posisi: Bek tengah

Usia: 26 tahun

Asal negara: Denmark

Klub baru: Barcelona

Harga/status: Free transfer

Keterangan: Chelsea bisa dibilang rugi pada kasus Christensen. Dia punya potensi besar tetapi harus dilepas secara gratis karena kontraknya habis. 

18 dari 20 halaman

Callum Hudson-Odoi

2. Callum Hudson-Odoi (Chelsea) – Pemain berusia 19 tahun ini dinyatakan positif Corona setelah mengalami gejala seperti pilek. Meski mengklaim dirinya telah pulih, bintang muda Chelsea ini masih melakukan isolasi secara mandiri di kediamannya. (AFP/Glyn Kirk)

Posisi: Winger

Usia: 21 tahun

Asal negara: Inggris

Klub baru: Bayer Leverkusen

Harga/status: Pinjaman

Keterangan: Hudson-Odoi tidak masuk dalam rencana Tuchel. Dia sempat dimainkan sebagai wingback, tetapi tidak maksimal. 

19 dari 20 halaman

Ross Barkley

Ross Barkley - Pemain tangguh ini dipinjamkan Chelsea ke Aston Villa pada musim lalu. Barkley harus kembali lagi ke Chelsea pada musim panas nanti. Namun, pemain berusia 27 tahun sepertinya sudah tidak punya masa depan di Stamford Bridge. (AFP/Ben Stansall)

Posisi: Gelandang

Usia: 28 tahun

Asal negara: Inggris

Klub baru: -

Harga/status: Dilepas

Keterangan: Barkley sempat dipinjamkan ke Aston Villa, tetapi gagal. Saat ini, statusnya free transfer usai sepakat untuk pemutusan kontrak. 

20 dari 20 halaman

Danny Drinkwater

Gelandang Leicester, Danny Drinkwater, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Liverpool pada laga Premier League di Stadion King Power, Leicester, Senin (27/2/2017). (AFP/Adrian Dennis)

Posisi: Gelandang

Usia: 32 tahun

Asal negara: Inggris

Klub baru: -

Harga/status: Dilepas

Keterangan: Drinkwater tidak masuk dalam rencana Chelsea. Tiga musim terakhir, hampir tidak pernah masuk tim utama. 

Sumber: Transfermarkt 

Disadur dari: Bola.net (Penulis Asad Arifin, published 2/9/2022)

Berita Terkait