Liverpool Inkonsisten, Tak Ada Alasan Alisson Bakal Tersingkir dari Starting XI Brasil di Piala Dunia 2022

oleh Wahyu Pratama diperbarui 17 Nov 2022, 13:15 WIB
Alisson Becker. Kiper Brasil berusia 30 tahun yang telah membela Liverpool sejak awal musim 2018/2019 ini menjadi pemain Liverpool keempat dengan caps terbanyak bagi timnas. Bersama Timnas Brasil ia total telah tampil dalam 57 laga dengan torehan 39 kali clean sheet dan kebobolan 21 gol sejak melakukan debut pada 14 Oktober 2015. Bersama kiper Manchester City, Ederson ia akan bahu membahu membela Brasil di Piala Dunia 2022 Qatar yang menjadi Piala Dunia kedua sepanjang kariernya. (AFP/Mauro Pimentel)

Bola.com, Semarang - Kiper asal Brasil, Alisson Becker, tengah mengalami masa-masa sulit bersama Liverpool. Alih-alih berada di persaingan juara Liga Primer Inggris, The Reds justru berada di luar 5 besar dalam 14 pertandingan awal.

Ini merupakan awal musim terburuk Liverpool dalam tujuh musim terakhir. Kali terakhir klub asal Merseyside terlempar dari lima besar setelah menjalani 14 laga awal terjadi pada musim 2015/16.

Advertisement

Saat performa klubnya menurun, Alisson dianggap tak cukup layak menjadi kiper utama Timnas Brasil. Ederson Moraes yang tampil lebih konsisten bersama Manchester City dianggap lebih pas mengawal gawang Selecao, julukan Timnas Brasil.

Kiper PSIS Semarang, Joko Ribowo tak sependapat dengan anggapan tersebut. Menurutnya, tak ada alasan untuk menggantikan pemain berusia 30 tahun itu dari skuad utama Brasil di Piala Dunia 2022.

"Alisson kayaknya yang lebih berpeluang main. Dari segi permainan di Timnas Brasil, ia jauh lebih unggul. Jumlah caps-nya pun juga jauh lebih banyak dari Ederson," jelasnya.

 

2 dari 5 halaman

Timnas Brasil Siap Rebut Gelar Piala Dunia untuk Kali Keenam

Ilustrasi Timnas Brasil. (AFP/Lou Benoist)

Joko Ribowo meyakini Brasil bakal mengakhiri paceklik gelar sejak dua dekade silam. Tim Samba terakir kali mengangkat trofi Piala Dunia pada 2002 saat berlangsung di Korea Selatan dan Jepang.

Sebagai tim pertama yang mampu merebut gelar juara dunia di Benua Asia, tentu Brasil kembali dijagokan pada edisi kali ini. Apalagi, mereka dihuni banyak pemain bintang, seperti Neymar Jr, Vinicius Jr, hingga sang kapten, Thiago Silva.

"Brasil itu negara yang selalu punya banyak pemain bagus. Setiap tahun selau ada bintang-bintang baru di skuad mereka," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Momen Terburuk Sebagai Fans Brasil

Joko Ribowo mengikuti sesi latihan bersama skuad PSIS Semarang (Dok. PSIS Semarang)

Meskipun meyakini Timnas Brasil bakal kembali meraih supremasi tertinggi di turnamen sepak bola paling akbar di dunia, Joko Ribowo mengaku masih sedih saat mengingat momen Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil.

Kala itu, Brasil digunduli dengan skor telak 1-7 oleh Jerman di depan pendukungnya sendiri. Sebagai penggemar Timnas Brasil, Mineirazo ini merupakan salah satu mimpi terburuk Joko Ribowo.

"Momen terburuk tentu pas dibantai Jerman. Apalagi itu terjadi pas Piala Dunia berlangsung di Brasil. Jadi rasanya lebih nyesek," tandasnya.

4 dari 5 halaman

Brasil di Piala Dunia 2022

Piala Dunia - Ilustrasi Timnas Brasil (Bola.com/Adreanus Titus)

24 November 2022

  • Brasil vs Serbia, Lusail Iconic Stadium

28 November 2022

  • Brasil vs Swiss, Stadion 974

2 Desember 2022

  • Kamerun vs Brasil, Lusail Iconic Stadium
5 dari 5 halaman

Persaingan Grup G Piala Dunia 2022

Berita Terkait