Clement Lenglet Yakin Banget Prancis Bakal Kembali Rebut Trofi Piala Dunia karena Ada Sosok Hugo Lloris

oleh Aryo Atmaja diperbarui 13 Des 2022, 12:15 WIB
Hugo Lloris. Kiper Prancis berusia 35 tahun yang kini tengah menjalani musim ke-11 bersama Tottenham Hotspur ini menjadi pemain aktif dengan penampilan terbanyak bagi Tim Ayam Jago dengan mengoleksi 139 caps sejak melakukan debut pada 19 November 2008. Piala Dunia 2022 Qatar akan menjadi Piala Dunia keempatnya dan mungkin yang terakhir, setelah selalu tampil dalam 3 edisi sebelumnya, 2010 hingga 2018 dan telah tampil dalam 14 laga dengan torehan 7 kali clean sheet dan kebobolan 13 gol. (AFP/Geoffroy van der Hasselt)

Bola.com, Jakarta - Bek asal Prancis, Clement Lenglet mengapungkan nada penuh optimistis bahwa negaranya bakal kembali mempertahankan gelar juara Piala Dunia 2022. Alasannya adalah karena sosok kiper Hugo Lloris.

Timnas Prancis akan bersaing memperebutkan satu tiket ke partai puncak Piala Dunia 2022 saat berhadapan dengan Maroko pada Kamis (15/12/2022) dini hari WIB. Kemenangan menjadi harga mati bagi Prancis yang mengusung misi mempertahankan gelar juara.

Advertisement

Semua pemain Prancis akan berusaha sekuat tenaga untuk kembali ke laga tertinggi Piala Dunia. Namun sang kapten, Hugo Lloris akan sedikit memiliki motivasi lebih mengingat dirinya akan menjadi kapten pertama yang mengangkat trofi Piala Dunia berturut-turut andai misi Prancis berhasil.

Bek asal Prancis yang bermain untuk Tottenham Hotspur, Clement Lenglet memuji kinerja Lloris dengan melihat pencapaian luar biasa Prancis di bawah kepemimpinannya. Lenglet bahkan sudah melabeli Lloris sebagai legenda Prancis dengan kontribusi besarnya di Piala Dunia.

“Bagi semua orang Prancis, Hugo Lloris adalah legenda karena dia orang yang sangat baik, profesional yang sangat baik, penjaga gawang yang luar biasa. Dia salah satu pemain terbaik dalam sejarah tim nasional Prancis,” puji Lenglet dikutip dari Fotmob.

2 dari 5 halaman

Lloris Cetak Rekor

Kiper Prancis #01 Hugo Lloris mengambil bagian dalam sesi latihan jelang melawan Inggris pada Perempatfinal Piala Dunia 2022, di Stadion Al Sadd SC di Doha, Jumat (9/12/2022). Laga antara Timnas Inggris vs Prancis diprediksi akan berjalan sengit karena akan mempertaruhkan reputasi nama besar kedua negara Eropa tersebut. (FRANCK FIFE / AFP)

Kemenangan melawan Inggris di perempat final Piala Dunia 2022 menjadi kado manis untuk Hugo Lloris. Tiket semifinal menjadi hadiah kerja kerasnya yang mencetak rekor sebagai pemain Prancis dengan jumlah caps terbanyak.

Lloris mengoleksi 143 caps setelah menyelesaikan laga melawan Inggris, unggul satu dari Lilian Thuram. Lloris masih bisa menambah penampilannya bagi Prancis dengan laga melawan Maroko di semifinal nanti.

“Saya sangat bangga dengan Hugo, ini pencapaian yang sangat besar. Untuk waktu yang lama, Lilian Thuram adalah nomor satu, sekarang Hugo adalah nomor satu baru, dan mencapai nomor tersebut dalam pertandingan besar melawan Inggris, di mana dia bermain sangat baik.”

"Mudah-mudahan, dia akan memiliki dua caps lagi di Piala Dunia. Dia bisa membuat sejarah. Masih jauh, anda harus memikirkan pertandingan demi pertandingan, Maroko berikutnya. Tapi seperti yang saya katakan, itu akan menjadi pencapaian yang sangat besar baginya (untuk mengangkat trofi lagi)," tambah Lenglet.

3 dari 5 halaman

Unggul Pengalaman

Juara bertahan Timnas Prancis membuka langkahnya dengan gemilang untuk mempertahankan gelarnya di Piala Dunia 2022 Qatar, Rabu (23/11/2022) dini hari WIB. Sempat tertinggal satu gol dari Australia, Olivier Giroud dkk sukses membalikkan keadaan hingga mampu menutup laga dengan kemenangan 4-1. (AP/Thanassis Stavrakis)

Clement Lenglet tidak dibawa Didier Deschamps ke Piala Dunia 2022 untuk membela Prancis. Namun itu menjadi satu tanda bahwa banyaknya pemain bintang dan berpengalaman Prancis hingga Lenglet tidak ikut serta.

Lenglet sendiri merasa Prancis bisa kembali mengangkat trofi Piala Dunia 2022 dengan kualitas dan pengalaman yang dimiliki. Meskipun begitu, Lenglet tetap memperhitungkan Maroko yang jadi lawan kuat Prancis selanjutnya.

“Ini adalah pertandingan besar bagi kedua tim. Kami senang melawan tim Afrika di semifinal. Saya yakin kami akan melihat pertandingan dengan banyak intensitas dan duel, mereka (Maroko) sangat, sangat kuat.”

"Saya percaya Prancis memiliki pengalaman, mereka memenangkan pertandingan yang sulit melawan Inggris, itu tidak selalu mudah. ​​Ketika anda memenangkan pertandingan seperti itu, anda benar-benar siap. Saya pikir Prancis akan melakukannya, mereka memiliki segalanya,” terang Lenglet.

Sumber: Fotmob dan Transfermarkt

Penulis: Ahmad Daerobby

4 dari 5 halaman

Perjalanan Prancis di Piala Dunia 2022

Pemain Timnas Prancis, Aurelien Tchouameni (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Inggris dalam laga babak perempatfinal Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Al Khor, Qatar, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB. (AP/Frank Augstein)

Fase Grup

  • Prancis Vs Australia (4-1)
  • Prancis Vs Denmark (2-1)
  • Tunisia Vs Prancis (1-0)

16 Besar

  • Prancis Vs Polandia (3-1)

Perempat Final

  • Inggris Vs Prancis (1-2)
5 dari 5 halaman

Berita Terkait