BRI Liga 1: Persiapan Mepet, Pelatih PSM Akui Laga Melawan Persikabo Bakal Berjalan Berat

oleh Nandang Permana diperbarui 08 Mar 2023, 22:30 WIB
Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares memberikan instruksi dari pinggir lapangan Stadion Kapten I Wayan Dipta ketika menghadapi Kedah Darul Aman dalam semifinal Piala AFC 2022. (Maheswara Putra/Bola.com)

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar akan menghadapi Persikabo 1973 dalam lanjutan BRI Liga 1 yang akan dihelat di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (09/03/2023).

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares berharap anak asuhnya tampil maksimal pada laga melawan Persikabo 1973 meski masa persiapan yang sangat mepet.

Advertisement

Menurut Bernardo, tidak ada masa persiapan cukup bagi timnya karena baru dua hari yang lalu mereka menggelar laga kandang. Alhasil, mereka pun kata Bernardo hanya bisa melakukan latihan untuk recovery saja.

PSM sendiri baru tiba di Bogor, Rabu siang setelah bertolak dari Makassar pada pukul 08.00 WIB. Mereka tiba di hotel tempat menginap pada pukul 14.00 WIB, sehingga mereka tidak mengambil official training yang disediakan panitia penyelenggara pertandingan.

"Persiapan lebih ke Recovery saja. Seperti kalian tahu, tahun ini PSM banyak sekali bermain selain Piala Presiden, AFC dan Liga 1," kata Tavares pada sesi konferensi pers sebelum laga hari Rabu (08/03/2023). 

"Dan kami bermain satu kali dalam empat hari. Sedangkan lawan kami, Persikabo bisa bermain satu kali dalam enam hari," lanjutnya. 

 

 

2 dari 5 halaman

Persikabo Bukan Tim yang Mudah Dikalahkan

Disinggung soal kekuatan lawannya, Bernardo menilai Persikabo 1973 bukan tim yang mudah untuk dikalahkan apalagi mereka akan bermain di hadapan suporternya sendiri.

Bernardo menegaskan, anak asuhnya harus tampil maksimal agar bisa mengatasi Persikabo 1973 yang disebutnya saat ini dalam kondisi bagus mengingat di pertandingan terakhirnya mereka sukses mengalahkan tim juara Bali United.

Selain itu, kata Bernardo, Persikabo memiliki masa persiapan yang cukup. Plus ditopang dengan beberapa pemain yang mempunyai kualitas bagus seperti Pedro Gois. 

Pada laga terakhir Persikabo, Pedro Gois mampu mencetak dua gol kemenangan untuk tim berjulukan Laskar Padjajaran itu.

 

3 dari 5 halaman

Persikabo Baru Kalahkan Bali United

Penyerang Persikabo 1973, Dimas Drajad (hijau) berduel di udara dengan bek tengah Bali United, William Pacheco dalam laga peka ke-11 BRI Liga 1 2022/2023, Jumat (30/9/2022) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. (Dok. Bali United)

Bernardo Tavares pun menyebut dari beberapa pertemuan, pertandingan melawan Persikabo 1973 selalu berjalan sulit.

Di Piala Presiden mereka dikalahkan Laskar Padjajaran, dan pertemuan terakhirnya mereka sukses mengalahkan Persikabo dengan skor 0-2 di Yogyakarta saat kompetisi berubah format menjadi bubble.

"Persikabo saya kira tim kuat, di pertandingan terakhir mereka bisa mengalahkan tim juara Bali United. Dan begitupun di pertandingan sebelumnya mereka menang dari PSS Sleman," kata Tavares. 

"Tahun lalu kami kalah 0-3, di Piala Presiden mereka menang dan baru kemarin kami menang di Liga 1 saat bubble. Pertandingan besok, saya kira akan menjadi pertandingan sulit bagi kita." 

"Saya berharap cuaca bersahabat, dan tentunya kepemimpinan wasit yang profesional, karena dari beberapa kejadian, ada hal yang sangat merugikan bagi tim," tambahnya.

 

4 dari 5 halaman

Optimisme Akbar Tanjung

Semenatra itu, perwakilan pemain PSM saat konferensi pers, Akbar Tanjung menyatakan kesiapannya tampil maksimal dan memberikan kontribusi positif bagi tim.

Akbar Tanjung kemungkinan besar akan menggantikan posisi Yuran Fernandes atau Erwin Gutawa. Kedua pemain itu dipastikan tidak bisa tampil dilaga melawan Persikabo 1973 karena akumulasi kartu.

"Saya sendiri sudah siap tampil besok. Saya berharap bisa membawa PSM Meraih poin di sini. Soal posisi saya, saya belum tahu di mana saya akan dimainkan. Tapi, bagi saya, saya sudah siap bermain dan berharap bisa membantu PSM meraih poin," tuturnya.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Berita Terkait