Ederson Bocorkan Carlo Ancelotti Bakal Jadi Pelatih Baru Timnas Brasil

oleh Hery Kurniawan diperbarui 22 Mar 2023, 16:30 WIB
Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti memberi instruksi pada pertandingan leg pertama semifinal Copa del Rey melawan Barcelona di Stadion Santiago Berbaneu, Jumat (3/3/2023) dini hari WIB. Real Madrid kalah 0-1 dari Barcelona. (OSCAR DEL POZO / AFP)

Bola.com, Jakarta - Kabar menarik datang dari Timnas Brasil. Penjaga gawang Selecao, Ederson Moraes memberikan bocoran yang membuat heboh.

Ederson menyebut saat ini Timnas Brasil tengah mengincar Carlo Ancelotti sebagai pelatih. Kiper Manchester City itu menyebut kemungkinan datangnya Ancelotti ke Negeri Samba sangat besar.

Advertisement

Bahkan, Ederson mengaku sudah berbicara mengenai hal itu dengan para pemain Timnas Brasil yang lain, termasuk duo Real Madrid, Vinicius Junior dan Eder Militao.

"Saya sudah bicara dengan Casemiro, Vinicius dan Militao, ada kemungkinan besar Carlo Ancelotti bisa menjadi pelatih baru Timnas Brasil," katanya kepada CBF TV.

Timnas Brasil memang tanpa pelatih tetap sejak selesainya Piala Dunia 2022. Kini mereka ditukangi Ramon Menezes sebagai pelatih interim.

2 dari 4 halaman

Bertekad Menyingkirkan Real Madrid

Ekspresi penjaga gawang Manchester City, Ederson setelah pertandingan Premier League melawan Leicester City di King Power Stadium, Sabtu (29/10/2022). Ederson telah memenangkan banyak gelar bersama Manchester City. Dia bisa meninggalkan Etihad Stadium untuk mencari tantangan baru apabila The Citizens dikenai hukuman degradasi. (AFP/Geoff Caddick)

Lebih lanjut, Ederson pun bertekad menyingkirkan Real Madrid di Liga Champions musim ini. Mancester City yang diperkuat Ederson memang sangat mungkin berhadapan dengan El Real pada semifinal.

Hal itu bukan hanya untuk kepentingan Manchester City. Menurut Ederson, tersingkirnya Real Madrid juga akan mempercepat kepindahan Carlo Ancelotti menuju Brasill.

"Kami akan berusha menyingkirkan Real Madrid, jadi Ancelotti bisa datang ke Brasil secepat mungkin," tandasnya.

3 dari 4 halaman

Minim Pengalaman

Carlo Ancelotti. Pelatih asal Italia berusia 62 tahun yang baru semusim membesut Real Madrid di periode keduanya sejak didatangkan dari Everton pada awal musim 2021/2022 ini mampu membawa AC Milan dan Real Madrid berlaga di final Liga Champions. Bersama AC Milan ia melakukannya 3 kali pada musim 2002/2003, 2004/2005 dan 2006/2007, dan mampu 2 kali menjadi juara di musim 2002/2003 dan 2006/2007. Sementara Real Madrid dibawanya 2 kali ke final, musim 2013/2014 dan 2021/2022, keduanya sukses berbuah gelar juara. (AFP/Franck Fife)

Carlo Ancelotti adalah salah satu pelatih terbaik yang pernah dihasilkan Italia. Prestasinya di level klub tak perlu diragukan lagi.

Ada empat trofi Liga Champions yang pernah diraih Don Carletto sebagai pelatih. Namun, pengalamannya di level timnas masih belum teruji.

Pelatih yang kini sudah berusia 63 tahun itu hanya sekali mencicipi pekerjaan di level timnas. Itu pun terjadi pada masa awal kariernya sebagai pelatih. Ancelotti diketahui pernah menjadi asisten pelatih Timnas Italia pada 1992.

4 dari 4 halaman

Tradisi Kuat

Pelatih Brasil, Tite menyaksikan pemainnya berlatih di Stadion Al Arabi SC di Doha (6/12/2022). Brasil akan bertanding melawan Kroasia pada babak perempatfinal Piala Dunia 2022 Qatar di Education City Stadium, Doha pada Jumat (9/12) pukul 22.00 WIB mendatang. (AFP/Nelson Almedia)

Brasil adalah negara yang sangat bangga dengan tradisi sepak bolanya. Sejauh ini mereka menjadi negara tersukses di Piala Dunia dengan torehan lima gelar juara.

Selain itu, Brasil juga cukup kaku dalam hal pilihan pelatih. Dalam sejarah mereka, hanya ada dua pelatih asing yang pernah menukangi Timnas Brasil.

Kali terakhir itu terjadi bahkan pada dekade 1940-an. Saat itu ada pelatih asal Portugal yang menukangi Selecao bernama Flavio Costa Joreca. 

Jika kabar kedatangan Carlo Ancelotti benar adanya, Brasil mulai siap untuk membuka diri dengan menerima pelatih asing. 

Berita Terkait