MOTION GRAFIS: Perjalanan Karier dan Segudang Prestasi Mesut Ozil di Dunia Sepak Bola

oleh Bayu Kurniawan Santoso diperbarui 23 Mar 2023, 17:21 WIB

Bola.com, Jakarta - Mesut Ozil resmi mengumumkan dirinya berhenti dari sepak bola profesional. Pemain berusia 34 tahun itu terakhir tercatat bermain di Turki, pertama untuk Fenerbahce dan baru-baru ini untuk Istanbul Basaksehir.

Alasan dari sang gelandang pada akhirnya memutuskan untuk pensiun adalah akibat ia mengalami cedera yang berkepanjangan, sehingga akhirnya ia menyadari bahwa sudah waktunya untuk pensiun.

Advertisement

Berkarier selama hampir 17 tahun, Ozil mencatatkan beberapa rekor yang menajubkan. Ia dijuluki sebagai raja assist, terbukti selama kariernya bermain untuk dua klub, Real Madrid dan Arsenal, total ia mencatatkan 160 assist.

Mengawali karier sepak bola profesionalnya bersama klub kota asalnya, FC Schalke pada tahun 2005. Kemudian kariernya melesat setelah diboyong Real Madrid dari Weder Bremen di tahun 2010.

Los Blancos jatuh cinta dengan permainannya ketika Ozil tampil di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Kemudian di tahun 2013 ia memutuskan untuk bergabung dengan Arsenal, salah satu raksasa Inggris. Di musim 2015/2016 ia menciptakan rekor assist terbanyak dengan jumlah 146 assist untuk semua kompetisi bersama Arsenal, dan hingga kini belum terpecahkan.

Karier puncaknya terjadi kala mengantarkan Jerman merengkuh trofi Piala Dunia pada 2014 di Brazil. Melalui kepiawaian menyuplai bola, Mesut Ozil dicap sebagai playmaker paling top dalam gelaran Piala Dunia tersebut.

Namun cedera menghantui karier sepak bola seorang Mesut Ozil hingga akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu. Berikut ini video rangkuman perjalanan karier gelandang Jerman yang fenomenal ini.

Berita Terkait