Liga Inggris: Realistis! Liverpool Bidik Finis 4 Besar

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 01 Apr 2023, 14:30 WIB
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, memeluk pemainnya, Mohamed Salah, setelah The Reds kalah 0-2 dari Everton dalam laga derbi Merseyside di Anfield pada pekan ke-25 Premier League, Minggu (21/2/2021). (PAUL ELLIS / POOL / AFP)

Bola.com, Jakarta - Liverpool menghadapi laga penting dengan menghadapi Manchester City di Etihad Stadium, Sabtu (1/4/2023). Jelang laga itu, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku putus asa mengejar gelar juara Premier League.

Kekalahan Liverpool saat melawan Bournemouth sesaat jelang jeda internasional membuka mata Jurgen Klopp. Ambisi mengejar gelar juara seakan sirna setelah kalah dari tim juru kunci Premier League itu.

Advertisement

Setelah kehilangan tiga poin dan rasa percaya diri, Jurgen Klop saat ini ingin berpikir realistis. Menyerah mengejar gelar juara, Jurgen Klopp menargetkan posisi empat besar sebagai tujuan utama Liverpool saat ini.

"Sekarang sudah jelas, empat besar adalah satu hal yang benar-benar bisa kami perjuangkan. Kami tidak memiliki posisi yang sempurna untuk memperjuangkannya. Kami harus memenangkan banyak pertandingan," ujar Klopp dikutip dari BBC.

2 dari 5 halaman

Mencoba Memberi Tekanan

Bek Liverpool, Stefan Bajcetic bersama pelatih Jurgen Klopp. (AFP/Oli Scarff)

Target baru itu setidaknya membuat para pemain Liverpool sedikit berpikir lebih realistis tentang pencapaian musim ini. Liverpool hanya bisa menyandarkan nasib pada target itu setelah tersingkir dari Liga Champions karena Real Madrid.

Demi mencapai target empat besar, Liverpool harus memenangkan banyak permainan dari 12 laga yang tersisa. Terlebih mereka masih tertinggal tujuh poin dari Tottenham Hotspur yang menghuni posisi empat sementara.

"Makin banyak kami menang, makin banyak tekanan yang kami berikan kepada mereka yang berada di atas kami," ujar Klopp.

"Banyak pembicaraan sekarang, tetapi ini semua tentang bagaimana kami tampil dan bagaimana kami masuk ke dalam suasana mengejar ini dan pergi dari sana," lanjut pelatih asal Jerman itu.

3 dari 5 halaman

Mengungkit Masa Lalu

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp (kanan) merayakan kemenangan bersama pemainnya, Cody Gakpo saat laga pekan ke-26 Liga Inggris 2022/2023 melawan Manchester United di Anfield, Liverpool, Senin (06/03/2023) WIB. The Reds menang dengan skor fantastis, yaitu 7-0. (AP Photo/Jon Super)

Kali ini Jurgen Klopp yakin timnya mampu menyelesaikan target beakhir di posisi empat klasemen Premier League. Hal ini mengingat Liverpool selalu bisa berada di posisi empat besar dalam beberapa musim terakhir.

Musim lalu Liverpool bahkan mampu berjuang di empat kompetisi sampai akhir. Namun, sayang Liverpool harus kehilangan dua gelar juara kompetisi utama setelah kalah satu poin di Premier League dan takluk di laga final Liga Champions.

"Secara historis kami telah menyelesaikan dengan kuat. Kami juga melakukannya. Tahun lalu kami hampir meraih empat trofi. Kemudian tahun ini jelas trofi hilang lebih awal," ujar Klopp.

"Merupakan hal yang tepat untuk membawa kami ke masa lalu lagi. Itu menggarisbawahi bahwa tidak permah mudah apa yang telah kami lakukan sebelumnya," lanjutnya.

Sumber: BBC dan Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Ahmad Daerobby, published 1/4/2023)

4 dari 5 halaman

Jadwal Liverpool Selanjutnya

Liverpool - Ilustrasi Logo Liverpool (Bola.com/Adreanus Titus)

Manchester City vs Liverpool

  • Stadion: Etihad Stadium
  • Sabtu, 1 April 2023
  • Kick-off: 18.30 WIB
  • Live streaming: Vidio
5 dari 5 halaman

Posisi Liverpool di Premier League saat Ini

Berita Terkait