Foto: 8 Pesepak Bola Bernomor Punggung 8 Terbaik Sepanjang Masa, Sang Motor Permainan

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 28 Apr 2023, 14:13 WIB
Pemain nomor punggung 8 memiliki peran penting dalam sebuah tim. Mereka biasanya memiliki kemampuan dribel bola, visi yang baik, dan umpan akurat sebagai seorang motor permainan. Selain itu, terkadang mereka juga menjadi pemecah kebuntuan. Berikut ini 8 pesepak bola bernomor punggu 8 terbaik sebanjang masa. (AFP/Josep Lago)
Gennaro Gattuso merupakan salah satu pemain bernomor punggung 8 terbaik sepanjang masa bersama AC Milan dan Timnas Italia. Gattuso adalah gelandang yang memiliki sifat agresif, tak takut menghadapi lawan, dan selalu tampil berapi-api. Hal tersebut yang membuat dirinya kerap dijuluki 'Rino' atau Badak. Sepanjang kareirnya, Gattuso telah mempersembahkan 2 Scudetto dan 1 Liga Champions untuk AC Milan dan 1 trofi Piala Dunia untuk Timnas Italia. (AFP/Giuseppe Cacace)
Juninho bisa dibilang merupakan eksekutor tendangan bebas terbaik sepanjang masa. Ia tercatat sukses melesatkan 75 gol dari situasi tersebut. Penampilan hebatnya sebagai playmaker juga membuat dirinya mempersembahkan banyak gelar di Olympique Lyon, yaitu 7 gelar Ligue 1 berturut-turut. Juninho juga terkenal sebagai pemain dengan visi dan umpan yang sangat baik. (AFP/Philippe/Merle)
Pemain Real Madrid, Tony Kroos layak masuk ke dalam daftar ini meski belum pensiun. Bergabung sejak 2014, Kroos telah mempersembahkan 3 gelar Liga Spanyol, 4 trofi Liga Champions, dan 3 gelar Supercopa de Espana. Ia merupakan gelandang yang memiliki visi hebat dan umpan akurat. Bersama Luka Modric, mereka adalah salah satu duet lini tengah yang paling ditakuti di Eropa. (AFP/Oscar Del Pozo)
Frank Lampard merupakan gelandang box-to-box yang kreatif dan kuat secara teknis di skuad Chelsea. Selain itu, Lampard juga menjadi pencetak gol yang produktif. Ia telah memenangkan 3 gelar Liga Inggris dan 1 gelar Liga Champions bersama The Blues. (AFP/Giuseppe Cacace)
Steven Gerrard merupakan legenda Liverpool. Ia diketahui telah mengabdi Anfield selama 17 tahun. Momen terbaik Gerrard dengan The Reds adalah memenangkan Liga Champions di Istanbul. Tertinggal 0-3 di babak pertama melawan AC Milan, sang kapten sukses mencetak gol dan kemudian memenangkan pertandingan melalui penalti. (AFP/Francois Marit)
Hristo Stoichkov merupakan legenda Timnas Bulgaria. Pada Piala Dunia 1994, ia membawa negaranya ke semifinal dan memenangkan Sepatu Emas setelah mencetak 6 gol di turnamen tersebut. Stoichkov juga merupakan bagian dari tim impian Johan Cruyff yang memenangkan 4 gelar La Liga berturut-turut dan 1 Liga Champions. Pemain berjuluk El Pistolero itu juga berhasil menyabet gelar Ballon d'Or 1994 berkat kemampuannya untuk klub dan negaranya. (AFP/Vincent Amalvy)
Lothar Matthaus sering dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik sepanjang masa. Matthaus pernah bermain untuk Borussia Monchengladbach, Bayern Munich, dan Inter Milan. Ia juga berhasil membawa Timnas Jerman Barat memenangi Piala Dunia 1990. Pemain kelahiran Erlangen, Jerman tersebut merupakan pemain tengah yang memiliki kemampuan sangat lengkap. Sepanjang kariernya, Matthaus pernah mendapatkan gelar individu sebagai Pemain Terbaik Eropa 1990, Pemain Terbaik FIFA 1991, dan Pemain Terbaik Jerman 1999. (AFP/Gerard Cerles)
Andres Iniesta merupakan salah satu gelandang dan pemain bernomor punggung 8 terhebat sepanjang masa. Ia adalah pemain yang memiliki dribbling, passing, dan penglihatan yang benar-benar tak tertandingi. Bersama Xavi dan Busquets, mereka membentuk trio yang tak terbendung di Barcelona maupun Timnas Spanyol untuk beberapa tahun. Iniesta telah memenangkan gelar La Liga 9 kali dan 4 trofi Liga Champions bersama Barcelona. Sementara di Timnas Spanyol, ia sukses mempersembahakan trofi Piala Dunia 2010 melalui golnya. (AFP/Lluis Gene)

Berita Terkait