Menuju Asian Games 2022, Timnas Bola Voli Indonesia Tidak Terganggu Polemik Rivan Nurmulki

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 14 Sep 2023, 17:45 WIB
Sosok andalan Timnas Voli Putra Indonesia saat merebut medali emas SEA Games 2023, Rivan Nurmulki tak termasuk dalam susunan 14 nama pemain yang akan dikirim ke ajang Asian Games 2023. Keputusan PBVSI tersebut tentunya mengundang tanda tanya dari para voli-mania tanah air. Dengan absennya Rivan pada Asian Games 2023 nanti, berarti ia telah kehilangan tiga turnamen penting usai tempil gemilang pada SEA Games 2023 lalu. Ada apa ya? (Bola.com/Abdul Aziz)

Bola.com, Jakarta - Mesin Timnas Bola Voli Putra Indoor Indonesia mulai panas. Armada Jiang Jie itu tancap gas untuk Asian Games 2022 China.

Timnas Bola Voli Putra Indonesia tergabung dalam Grup F Asian Games 2022 dengan Timnas Bola Voli Jepang, Timnas Bola Voli Filipina, dan Timnas Bola Voli Afghanistan.

Advertisement

Bersama Timnas Bola Voli Putra dan Putri Pantai Indonesia, Timnas Bola Voli Putra Indonesia bakal bertolak ke China pada Sabtu (16/9/2023) dini hari WIB.

Timnas Bola Voli Putra Indonesia akan lebih dulu bertanding melawan Filipina pada 19 September 2023, Jepang pada sehari berselang, dan Afghanistan pada 21 September 2023.

2 dari 4 halaman

Kasus Rivan Nurmulki

Pemain Timnas Voli Putra Indonesia, Rivan Nurmulki (kiri), Hernanda Zulfi (tengah), dan Doni Haryono berusaha membendung bola dari pemain Timnas Voli Putra Bahrain pada laga Pool F AVC Challenge Cup for men 2023 di Chinese Taipei, Senin (10/07/2023). (Twitter/@AsianVolleyball)

Kapten Timnas Bola Voli Putra Indonesia, Hernanda Zulfi, memastikan bahwa polemik Rivan Nurmulki tidak memengaruhi persiapan Fahry Septian Putratama dkk. menuju Asian Games 2022.

Sebelumnya, terjadi kegaduhan karena Rivan Nurmulki menolak bermain untuk Timnas Bola Voli Putra Indonesia dalam Kejuaraan Bola Voli Putra Asia 2023 pada 19–26 Agustus 2023 di Iran.

Hernanda Zulfi mengungkapkan bahwa pelatih Timnas Bola Voli Putra Indonesia, Jiang Jie, sudah meminta kepada para pemain untuk tidak memikirkan persoalan non-teknis.

3 dari 4 halaman

Kondisi Timnas Bola Voli Indonesia

Ilustrasi - Timnas Voli Putra: Farhan Halim, Rivan Nurmulki, Fahri Putratama, Dio Zulfikri (Bola.com/Adreanus Titus)

"Kalau untuk kondisi tim, kami memang sudah berkomitmen semua dan sudah diperintahkan pelatih kepala untuk tetap fokus," imbuh Hernanda Zulfi.

"Fokus sebagai atlet. Kami latihan, tidak usah berpikir yang di luar-luar. Jadi, tetap fokus dan konsentrasi," ucap pevoli berusia 26 tahun tersebut.

4 dari 4 halaman

Fokus dengan Urusan di Lapangan

Pemain Timnas voli putra Indonesia, Nurmulki Rivan (kanan), melakukan smash dan berusaha dihadang oleh pemain Vietnam pada laga Semifinal Bola Voli Putra SEA Games 2023 di Olympic Complex Indoor Main Hall, Phonm Penh, Minggu (7/5/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Timnas Bola Voli Putra Indonesia hanya ingin fokus dengan urusan di lapangan. Hernanda Zulfi cs. berusaha untuk tidak terlibat dengan kasus Rivan Nurmulki.

"Ketika kami berlatih, tidak usah berpikir bagaimana netizen dan lain-lain terkait komentar. Alhamdulillah, teman-teman semua bisa fokus dan tidak terlalu terpengaruh dengan itu," imbuh pevoli asal Jakarta Bhayangkara Presisi itu.

Berita Terkait