Foto: Mengenang Kembali Legenda Angkat Besi Lisa Rumbewas, Harumkan Nama Indonesia Lewat Tiga Medali Olimpiade

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 14 Jan 2024, 16:37 WIB
Dunia olahraga Indonesia tengah berduka setelah legenda angkat besi Lisa Rumbewas meninggal dunia. Lisa Rumbewas dikabarkan tutup usia di RSUD Jayapura, Papua, pada Minggu (14/1/2024) sekitar pukul 03.00 WIT. (AFP/Jung Yeon-Je)
Lisa Rumbewas merupakan lifter yang bergemilang berprestasi. Ia tercatat berhasil mempersembahkan tiga medali Olimpiade untuk Indonesia. (AFP/Stringer)
Medali Olimpiade pertama Lisa Rumbewas hadir saat pergelaran Olimpiade Sydney pada tahun 2000. Ketika itu Lisa meraih perak angkat besi nomor 48 kg putri. (AFP/Patrick Hertzog)
Empat tahun berselang, Lisa Rumbewas menyabet medali lagi pada Olimpiade Athena. Lisa kembali kembali mempersembahkan medali perak untuk Merah Putih di cabang angkat besi nomor 53 kg putri. (AFP/Joel Saget)
Pada Olimpiade edisi selanjutnya, Olimpiade Beijing 2008, Lisa Rumbewas menyabet medali perunggu angkat besi nomor 53 kg putri. Medali itu didapatkan Lisa setelah atlet asal Belarusia Nastassia Novikava, yang pada awalnya berada di posisi ketiga, didiskualifikasi karena terbukti melakukan dopping.(AFP/Nicolas Asfouri)
Selain tiga medali Olimpiade itu, Lisa Rumbewas juga berhasil mengharumkan nama Indonesia di dunia angkat besi. Sebut saja medali perak nomor 53kg di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2006 di Santo Domingo, medali perunggu Asian Games 2002 di Busan pada kelas 48kg, dan tiga medali di SEA Games (2003, 2005, dan 2009). (AFP/Prakash Singh)