Foto: Belia dan Bertalenta, Deretan Bek Muda yang Tampil Impresif di Liga Top Eropa Musim Ini

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 19 Mar 2024, 14:27 WIB
Jorrel Hato (tengah) menjadi nama yang mampu tampil cemerlang di tengah penampilan inkonsisteni Ajax Amsterdam. Penampilan kukuhnya sebagai bek tengah membuat pelatih John Van't Schip sering mempercayakan posisi krusial tersebut kepada pemain 18 tahun itu. Hato merupakan bek modern dengan kekuatan fisik dan kecepatan yang mengagumkan. Ia juga memiliki kemampuan dalam membangun serangan, tekel, dan intersep. Ia tercatat telah membuat 38 penampialn dengan membuat 1 gol dan 6 assist pada musim ini. (AFP/Olaf Kraak)
Leny Yoro (kanan) menjadikan LOSC Lille menjadi salah satu klub Ligue 1 dengan pertahanan terbaik. Yoro merupakan bek dengan kemampuan untuk membaca permainan, mengolah bola, dan membangun serangan yang mumpuni. Sejauh ini, pemuda 18 tahun tersebut telah mencatatkan 34 laga dengan membuat 3 gol di semua kompetisi bersama Los Dogues. (AFP/Valentine Chapuis)
Kesuksesan Sporting CP memuncaki klasemen Liga Portugal tak lepas dari penampilan menawan dari bek muda mereka, Ousmane Diomande. Diomade merupakan bek dengan kemampuan visi, kecepatan, dan kontrol bola yang mumpuni. Pemain 20 tahun tersebut kini tengah menjadi perburuan panas klub-klub besar Eropa seperti, Real Madrid dan Arsenal. (AFP/Patricia De Melo Moreira)
Giorgini Scalvini menjadi bek andalan Atalanta sejak melakukan debut pada tahun 2021. Pemain 20 tahun tersebut telah membuat 33 penampilan dengan mencetak 1 gol dan 3 assist pada musim ini. Scalvini merupakan bek dengan kemampuan intersep dan duel udara yang mumpuni. (AFP/Marco Bertorello)
Jarell Quansah (kanan) mulai mendapatkan kepercayaan untuk mengisi bek tengah Liverpool. Quansah telah membuat 25 penampilan di semua kompetisi pada musim ini. Pemain 21 tahun tersebut dinilai akan menjadi penerus dari Virgil Van Dijk. Banyak orang mengatakan bahwa kemampuannya mirip dengan bek berkebangsaan Belanda tersebut. (AP Photo/Petr David Josek)