Sukses


Beda Gaya Indra Sjafri dan Nova Arianto saat Pimpin Latihan Timnas Indonesia U-22

Bola.com, Jakarta - Indra Sjafri sejenak meninggalkan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22 untuk melanjutkan kursus kepelatihan lisensi AFC Pro, di Spanyol, sejak 19 Januari 2019. Indra rencananya baru akan kembali bergabung dengan tim Garuda Muda pada Senin (28/1/2019).

Selama Indra berada di Spanyol, Timnas Indonesia U-22 dipimpin asisten pelatih Nova Arianto. Nova ditugasi menjaga program latihan yang telah disusun agar tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Menurut pengamatan Bola.com, ada perbedaan gaya memimpin sesi latihan Timnas Indonesia U-22 antara Indra dengan Nova. Hal itu wajar mengingat setiap pelatih memiliki gaya dan ciri tersendiri saat mengarahkan pemainnya.

Indra cenderung mengamati permainan Timnas Indonesia U-22, sembari sesekali memberi arahan. Pelatih asal Sumatra Barat itu juga terlihat jarang berinteraksi langsung dengan pemainnya ketika di atas lapangan. 

Adapun Nova lebih vokal dan tanpa ragu berteriak kepada pemain. Namun, dia juga sering menghampiri Firza Andika dkk. untuk memberi semangat, seperti misalnya, memegang kepala, berkelakar, dan beberapa aksi lain yang dapat membangun kedekatan antarpelatih dan pemain. 

"Sabar! Posisi! Lihat temannya!" kata Nova dengan nada tinggi ketika memimpin sesi latihan.

Nova mengatakan sikap tegasnya didasari lini depan yang belum optimal. Eks bek Persib Bandung itu menilai pemain kerap kurang sigap ketika mengambil keputusan.

"Ya, itu memang hal yang harus kami perbaiki karena di lini depan kami masih kurang. Timing support masih kurang dan terus kami perbaiki agar mereka bisa lebih siap," tutur Nova setelah sesi latihan.

Timnas Indonesia U-22 menggelar internal game pada sesi latihan, Sabtu (26/1/2019). Pekan ini skuat tak mengalami perubahan karena tidak ada pencoretan.

Video Populer

Foto Populer