Sukses


Piala Presiden: 3 Rekor Pecah saat Persebaya Berjumpa Tira Persikabo

Bola.com, Surabaya - Duel Persebaya melawan Tira Persikabo di babak 8 besar Piala Presiden 2019 yang ditayangkan di Indosiar berakhir dengan kurang kondusif. Sempat terjadi kericuhan yang dipicu ketidakpuasan tim atas kepemipinan wasit setelah Persebaya menang 3-1 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (29/3/2019).

Namuni, pertemuan kedua tim ini juga melahirkan banyak cerita menarik. Satu di antaranya adalah saat Bonek, pendukung Persebaya, melakukan aksi melempar boneka ke lapangan. Itu merupakan bentuk berbagai kebahagiaan dari mereka kepada anak-anak penyintas kanker.

Selain itu, untuk kali pertama setelah bertahun-tahun, masjid yang terletak di kawasan Stadion GBT dipakai untuk salat Jumat. Kebetulan, pertandingan berlangsung pada Jumat sore dan membuat Bonek harus beribadah di masjid tersebut.

Bonek juga melakukan aksi penggalangan dana dalam pertandingan ini. Suporter dengan warna kebesaran hijau itu ingin memberikan sumbangan tersebut kepada korban banjir bandang tanah longsor yang terjadi di Sentani.

Lebih dari itu, pertandingan ini sebenarnya telah mencatatkan empat rekor terbanyak terlepas dari hasil pertandingan. Rekor itu menjadi catatan baru selama penyelenggaraan Piala Presiden 2019.

Bola.com merangkum beberapa rekor yang telah tercipta dalam duel Persebaya melawan Tira Persikabo. Berikut ulasannya.

2 dari 4 halaman

Penonton

Sebanyak 43.230 penonton tercatat hadir dalam pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo tersebut. Catatan itu menjadi rekor jumlah kehadiran penonton terbanyak selama Piala Presiden 2019.

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh duel PSS Sleman melawan Persija Jakarta di Stadion Maguwoharjo, Sleman (15/3/2019). Laga lanjutan Grup D tersebut dihadiri oleh sebanyak 29.150 penonton.

3 dari 4 halaman

Pendapatan

Dengan jumlah penonton memecahkan rekor, praktis pertandingan ini juga membukukan catatan baru dalam pendapatan panpel selama Piala Presiden 2019. Duel Persebaya kontra Tira Persikabo membuat panpel meraup pendapatan mencapai Rp2.161.500.000.

Ini merupakan untuk kali pertama pertandingan Piala Presiden 2019 memperoleh pendapatan di atas angka Rp2 miliar. Sebelumnya, dari total sebanyak 30 pertandingan fase grup lalu hanya mendapatkan sebanyak Rp5.056.672275.

4 dari 4 halaman

Personel Keamanan

Saking banyaknya jumlah tiket yang terjual, panpel Persebaya kemudian menambah personel keamanan. Apalagi, pertemuan ini diprediksi akan berjalan panas, mengingat kedua tim sudah pernah bersua di fase grup.

Belum lagi, PS Tira, nama lama Tira Persikabo, tercatat pernah mengalahkan Persebaya di Stadion GBT dalam lanjutan Liga 1 musim lalu (11/9/2018). Antusiasme Bonek semakin besar dan tidak ingin membiarkan timnya kalah.

Demi kelancaran, panpel menambah jumlah personel keamanan dengan mencapai angka 2.158 personel. Itu menjadi jumlah terbanyak di turnamen pramusim ini, setelah sebelumnya duel PSS kontra Persija memiliki sekitar 1.000 personel keamanan.

Video Populer

Foto Populer