Sukses


Mantan Pelatih Perseru Sebut Ryutaro Karube Cocok dengan Karakter Arema  

Bola.com, Malang - Arema dirumorkan bakal merekrut pemain asal Jepang, Ryutaro Karube. Gelandang yang pernah bermain untuk Perseru Serui pada musim 2017 itu tiba-tiba muncul sebagai kandidat yang akan mengisi slot pemain asing Asia.

Hal itu karena Pavel Smolyachenko yang sekarang masih berkostum Arema, minim kontribusi. Pemain asal Uzbekistan itu justru kalah bersaing dengan pemain lokal sehingga dia baru tampil sekali sebagai pemain inti.

Hanya, manajemen Arema masih enggan berkomentar. General Manager Arema, Ruddy Widodo, ingin timnya lebih dulu fokus dengan pertandingan melawan Barito Putera yang digelar Senin malam (19/8/2019), ini di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

"Kami ingin fokus dengan pertandingan itu dulu," ujar Ruddy.

Namun, mantan pelatih Perseru, Agus Yuwono, memberikan komentar positif jika Ryu gabung Arema.

"Karakter bermain Arema sama tim papua. Sementara dia pernah memperkuat Perseru. Jadi, bisa dibilang pas," kata pelatih yang kini membesut Madura FC tersebut.

Agus mengenal Ryu sebagai pemain penting di Perseru musim 2017. Dia didatangkan paruh kedua kompetisi. Sebagai gelandang, dia punya kemampuan lengkap dan cukup rajin mencetak gol. Ia total menyumbangkan enam gol dalam 14 pertandingan yang dijalaninya.

Kontribusinya juga berhasil membuat Perseru waktu itu selamat dari degradasi. Yang fenomenal, dia ikut membawa Perseru menang 2-0 di markas Persib Bandung dalam laga pamungkas dan mencetak satu gol.

"Dia memang punya kemampuan komplet," jelas pelatih asal Malang itu.

2 dari 2 halaman

Sektor Gelandang Penuh

Setelah meninggalkan Perseru, karier Ryu berlanjut ke sejumlah klub Asia Tenggara seperti Thanh Hoa (Vietnam), Kuala Lumpur (Malaysia), dan Chainat Hornbil (Thailand). Hal itu berarti dia sudah tidak asing lagi dengan karakter sepak bola ASEAN.

Hanya, di Arema nanti, sektor gelandang akan lebih penuh dengan kehadirannya, karena di sektor gelandang serang ada Makan Konate yang tak tergantikan. Penopangnya ada deretan gelandang lokal seperti Hendro Siswanto, Jayus Hariono, Hanif Sjahbandi, dan M. Rafli.

Justru di lini belakang Arema yang masih kekurangan pemain.Saat Arthur Cunha dan Hamka Hamzah absen, Singo Edan kesulitan mencari pengganti sepadan. Tetapi, bisa saja Arema akan merekrut pemain lain di posisi belakang dan tetap menggantikan Pavel dengan Ryu.

Video Populer

Foto Populer