Sukses


Belum Termasuk Uang Saku, PSSI Rogoh Rp7 Miliar untuk TC Timnas Indonesia U-19 di Kroasia dan Uzbekistan

Bola.com, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi mengatakan bahwa pihaknya menggelontorkan Rp7 miliar lebih untuk membiayai pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia dan Piala AFC U-19 2020 di Uzbekistan.

Dana tersebut belum mencakup uang saku pemain. Sebanyak Rp7 miliar dihabiskan untuk akomodasi, transportasi, dan konsumsi Timnas Indonesia U-19 di Kroasia dan Uzbekistan.

Hanya saja, jika Piala AFC U-19 di Uzbekistan pada Oktober 2020 dibatalkan, anggaran tersebut dapat berubah, bisa bertambah maupun berkurang. Pasalnya, PSSI merencanakan pemusatan latihan lanjutan di Spanyol, Portugal, atau Turki setelah Timnas Indonesia U-19 berlatih di Kroasia selama sebulan.

Yunus Nusi menerangkan, dana Rp7 miliar tersebut berasal dari pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang menganggarkan Rp50,6 miliar untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 menuju Piala Dunia U-20 2021.

"Biaya pesawat saja sudah menghabiskan Rp700 juta untuk sekali perjalanan. Pulang pergi mencapai Rp 1 miliar lebih. Kami menyiapkan Rp7 miliar selama sebulan di Kroasia dan dilanjutkan ke Uzbekistan," kata Yunus Nusi.

"Total ini pun belum termasuk uang saku. Baru mencakup akomodasi, transportasi, dan konsumsi. Belum nanti pulang ke Indonesia," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Uang Saku Pemain Per Hari dan Per Bulan

Yunus Nusi menambahkan, para pemain akan menerima uang sakut dalam bentuk per bulan dan per hari selama Kroasia dan kemungkinan di Uzbekistan atau lanjut di Eropa. Namun, pria yang juga menjabat sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) ini enggan mengungkap besarannya.

"Rinciannya saya tidak tahu. Sekarang mereka per bulan di sana ada, per harinya juga ada," ucap Yunus Nusi.

"Mereka akan mendapatkan uang sakut selama sebulan. Karena ada pertandingan di sana, mereka juga mendapat uang saku per hari," jelasnya.

Timnas Indonesia U-19 akan berangkat ke Kroasia pada malam ini. Selain berlatih, tim berjulukan Garuda Muda itu juga bakal mengikuti turnamen bertajuk International U-19 Friendly Tournament 2020 menghadapi Kroasia, Bulgaria, dan Arab Saudi.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer