Sukses


Duel Pelatih Shin Tae-yong Vs Ivica Zuljevic: Beda Pengalaman dan Nama Besar

Bola.com, Split - Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi NK Dugopolje pada laga uji coba yang berlangsung di Stadion NK Uskok Klis, Split, Kamis (7/10/2020). Duel ini juga akan menjadi panggung adu strategi antara dua pelatih yakni Shin Tae-yong dan Ivica Zuljevic.

Pertandingan ini menjadi pertemuan pertama antara Timnas Indonesia U-19 melawan NK Dugopolje. Wajar bila kedua tim akan saling meraba kekuatan masing-masing.

Meski demikian, laga nanti diprediksi akan berlangsung ketat, karena Timnas Indonesia U-19 dan NK Dugopolje sama-sama dilatih sosok berpengalaman.

Menukangi Timnas Indonesia U-19 merupakan pengalaman baru buat Shin Tae-yong. Sebelumnya, pelatih asal Korea Selatan itu lebih berpengalaman menangani tim yang lebih senior yakni Seongnam, Timnas Korea U-23, Timnas Korea U-20, dan Timnas Korea Selatan.

Pencapaian terbaik pelatih berusia 51 tahun itu adalah mempersembahkan dua gelar untuk Seongnam dan membantu Korea Selatan tampil di Piala Dunia 2018. Adapun Ivica Zuljevic sebagai pelatih muda, kariernya belum terlalu lama di dunia kepelatihan.

Ivica Zuljevic mengawali kariernya di dunia kepelatihan pada 2014 sebagai asisten pelatih tim senior NK Dugopolje. Namun, dia hanya setahun menjabat asisten pelatih, dan kini dipercaya menukangi NK Dugopolje U-19.

Bersama Ivica Zuljevic, NK Dugopolje U-19 berkembang menjadi tim yang mampu bersaing. Musim ini, mereka berada di peringkat ketujuh klasemen sementara 1.HNL Juniori 2020-2021. Catatan itu tentu saja tak boleh dipandang sebelah mata oleh Timnas Indonesia U-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Mantan Pemain

Shin Tae-yong dan Ivica Zuljevic memiliki latar belakang profesi yang sama yakni sebagai pesepak bola. Namun, keduanya bermain di posisi yang berbeda ketika masih aktif sebagai pemain.

Shin Tae-yong merupakan seorang gelandang serang, sedangkan Ivica Zuljevic bermain sebagai penyerang murni. Jadi, bisa dikatakan gaya kepelatihan mereka akan terpengaruh oleh ciri khas masing-masing.

Shin Tae-yong akan memainkan gaya permainan yang memaksimalkan lini tengah sebagai motor serangan. Adapun Ivica Zuljevic lebih mengandalkan lini depan sebagai poros serangan.

Shin Tae-yong sejauh ini memang mampu menyulap lini tengah Indonesia dengan permainan atraktif. Namun, terdapat peningkatan kualitas para pemain yang ditunjukkan dalam laga uji coba yang sudah dimainkan.

Adapun Ivica Zuljevic terlihat belum mampu memberikan dampak signifikan di NK Dugopolje. Namun, melawan Timnas Indonesia U-19 bisa menjadi pelampiasan buat NK Dugopolje yang pada laga terakhir 1.HNL Juniori 2020-2021 kalah 1-2 dari Dinamo Zagreb.

Jadi, laga nanti diprediksi menjadi pertarungan taktik tingkat tinggi antara dua sosok pelatih hebat. Menarik untuk melihat pertarungan adu strategi dari dua pelatih beda pengalaman dan nama besar ini.

Video Populer

Foto Populer