Sukses


Laman Wikipedia Persebaya Dibajak, Muncul Pemain Asing Korsel dan Norwegia

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya punya tiga pemain asing baru. Satu di antaranya berasal dari Korea Selatan, sedangkan dua lainnya berpaspor Norwegia. Selain itu, penyerang asal Swedia, Mahmoud Eid, juga tidak masuk dalam skuat lagi.

Pernyataan di atas tentu saja melahirkan tanda tanya lantaran bursa transfer pemain di Indonesia sedang tidak dibuka saat ini. Jangankan bursa transfer, lanjutan Shopee Liga 1 2020 saja masih direncanakan bergulir lagi Februari 2021.

Tenang, kedatangan “pemain asing” baru Persebaya itu tidak benar-benar terjadi. Informasi itu disajikan oleh laman Wikipedia. Dalam laman berbahasa Inggris, tertulis nama-nama pemain anyar Persebaya dan ini diduga sedang dibajak.

Satu pemain asing Korea Selatan yang dimaksud bernama Goh Dong-min. Dia berusia 21 tahun dan berposisi sebagai penjaga gawang. Sedangkan dua pemain Norwegia adalah Gustav Valsvik (bek) dan Erik Tonne (pemain sayap).

Kebenaran informasi itu tentu saja diragukan. Sebab, tidak ada sumber jelas kedatangan para pemain asing baru. Selain itu, di laman masing-masing dari tiga “pemain asing” itu juga tidak menyebutkan bahwa mereka kini sedang membela Persebaya.

Sampai berita ini disusun, laman Persebaya di Wikipedia tercatat terakhir disunting pada pukul 07.34 WIB pada hari ini, Rabu (11/11/2020).

Dua pemain asing yang benar-benar menjadi milik Persebaya masih tercantum dalam laman ini. Di antaranya adalah striker asal Brasil, David da Silva, serta gelandang berkewarganegaraan Australia, Aryn Williams.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Mahmoud Eid Hilang

Lucunya, gelandang asal Mali, Makan Konate, telah berstatus sebagai pemain Indonesia. Lalu, penyerang sayap Mahmoud Eid malah tidak muncul sama sekali.

Sisanya, nama-nama pemain lokal sudah sesuai dengan kenyataan. Seperti Zoubairou Garba, yang disebutkan merupakan pemain naturalisasi asal Kamerun.

Persebaya wikipedia. (screenshot wikipedia)

Ketidaktepatan informasi ini sering terjadi pada Wikipedia. Maklum, laman dalam situs web satu ini memang dikelola oleh kontributor. Jadi, setiap orang bisa membuat dan menyunting laman apapun, meski sebenarnya tetap harus mencantumkan sumber.

Semoga ada pengelola Wikipedia yang mengetahui kesalahan informasi ini. Jangan sampai nanti Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi bergabung klub Indonesia juga. Yang mengejutkan, Pele atau Diego Maradona juga ikut-ikutan mencicipi kompetisi tanah air.

Atau, tidak sekalian tulis saja Alfredo Di Stefano dan Johan Cruyff gabung Persebaya dan mereka kini ditangani oleh Matt Busby?   

Video Populer

Foto Populer