Sukses


3 Pemain Cadangan Timnas Indonesia yang Layak Diberi Kans Unjuk Gigi Kontra UEA

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menutup rangkaian babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup zona Asia dengan menantang tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Zabeel, Dubai, Jumat (11/6/2021) malam.

Laga tersebut akan menjadi kesempatan bagi Timnas Indonesia memperbaiki performa setelah belum meraih kemenangan di babak kualifikasi. Hasil yang positif akan lebih banyak untuk memperbaiki ranking FIFA.

Setelah melakoni dua pertandingan yang sengit dan melelahkan, tim Merah-putih punya kesempatan memainkan pemain yang jarang mendapatkan menit bermain. Tak ada salahnya pelatih Shin Tae-yong melakukan rotasi dengan menurunkan pemain yang jarang tampil.

Masih ada sejumlah pemain yang berpotensi mendapat jam terbang lebih banyak di Skuad Garuda. Terlebih Timnas Indonesia sudah dalam posisi juri kunci dan tidak punya harapan sama sekali lolos.

Bola.com memilih tiga pemain Timnas Indonesia yang selama ini kerap duduk di bangku cadangan, namun bisa dicoba oleh Shin Tae-yong melawan UEA nanti. Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini. 

 

2 dari 5 halaman

1. M. Riyandi

Timnas Indonesia banyak melahirkan kiper-kiper berbakat, termasuk M. Riyandi yang ikut dibawa Timnas Indonesia ke Dubai. Riyandi merupakan satu di antara penjaga gawang yang punya prospek besar.

Pemain asal Jawa Tengah itu tampil cukup gemilang membela timnya Barito Putera di Piala Menpora 2021. Ia menjadi palang pintu terakhir Barito untuk menyelamatkan gawang dari serangan lawan.

Kualitas yang ditunjukkan Riyandi membuat banyak orang meyakini dirinya akan menjadi kiper hebat masa depan Indonesia. Tidak hanya di level klub, Riyandi sudah menjadi kiper Timnas Indonesia U-19 pada 2016.

Pemain ini dikenal punya refleks dan ketangkasan yang baik. Seperti yang ia tunjukkan di Piala Menpora 2021, dengan sempat menepis tendangan penalti Bruno Smith dari Arema. Tak ada salahnya Shin Tae-yong untuk sementara memarkir Nadeo Argawinata dan memberi kesempatan Riyandi kontra UEA.

 

3 dari 5 halaman

2. Adam Alis

Adam Alis adalah satu di antara pemain yang sebenarnya sudah membuktikan kapasitasnya sebagai pemain masa depan Indonesia. Pria berusia 27 tahun tersebut punya jam terbang di sejumlah klub besar Tanah Air dan juga bersama Tim Merah-putih.

Adam Alis merupakan kepingan kekuatan lini tengah Timnas Indonesia sebelum era Shin Tae-yong. Khususnya ia merupakan kompatriot Evan Dimas di sektor tengah. Adam Alis dikenal sebagai gelandang jangkar penyeimbang lini tengah yang ikut menarik perhatian Shin Tae-yong.

Servisnya belum dimaksimalkan oleh sang pelatih dalam dua laga terakhir melawan Thailand dan Vietnam. Gelandang andalan klub Bhayangkara FC tersebut cukup layak dijajal oleh Shin Tae-yong, dalam laga terakhir melawan UEA.

Kemampuan yang paling menonjol bagi seorang Adam Alis adalah memiliki daya jelajah tinggi, fisik yang prima, dan determinasi saat membangun serangan maupun membantu pertahanan.

 

4 dari 5 halaman

3. Ady Setiawan

Ady Setiawan adalah tenaga muda di sektor gelandang yang bisa menjadi alternatif Shin Tae-yong untuk menguatkan lini tengahnya. Potensi besar ada pada pemain asal Bima, Nusa Tenggara Barat itu sejak menjadi andalan Persebaya di ajang Piala Menpora 2021.

Pemain berusia 26 tahun itu disebut-sebut sebagai titisan Budi Sudarsono. Ia dibekali skill mumpuni, fisik prima, dan naluri mencetak gol meski berposisi sebagai pemain tengah. Ia unjuk gigi ketika tampil bersama Persebaya di Piala Menpora.

Sementara selama di Dubai, potensi Ady Setiawan belum dimaksimalkan Shin Tae-yong. Tak ada salahnya ia bisa menjadi solusi dan alternatif, khususnya memperkuat barisan tengah. Terlebih lini tengah Indonesia kerap kedodoran menghadapi gempuran lawan.

Di sisi lain, kreativitas seorang Ady Setiawan yang bisa menjadi gelandang serang, dapat membawa pengaruh positif. Membantu pergerakan Evan Dimas atau Egy Maulana Vikri, dan ikut menyuplai bola untuk striker di depan. 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer