Sukses


Kolaborasi PSSI dengan KNVB, Timnas Indonesia Buka Peluang Uji Coba Melawan Belanda Setelah Piala Dunia 2022

Bola.com, Jakarta - PSSI berkolaborasi dengan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB). Timnas Indonesia punya peluang untuk beruji coba melawan Belanda.

"Itu nanti akan dibahas juga untuk uji coba dengan Timnas Belanda," ujar Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita dalam konferensi pers Oranje Indonesia Festival di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Kamis (1/9/2022).

Sebaliknya, Gijs de Jong Sekjen KVNB pesimistis Timnas Belanda dapat berlatih tanding dengan Timnas Indonesia jika digelar dalam waktu dekat karena keterbatasan waktu.

"Tentu sangat menyenangkan jika kami bisa kembali beruji coba dengan Timnas Indonesia," imbuh Gijs de Jong.

2 dari 5 halaman

Setelah Piala Dunia 2022

Tapi, Timnas Belanda kesulitan mencari waktu di tengah persiapan menuju Piala Dunia 2022.

"Sayangnya, kami sangat sulit mencari waktu untuk mendatangkan Belanda dengan jadwal yang padat di tengah persiapan menuju Piala Dunia 2022," jelasnya.

Namun, Gijs de Jong tetap membuka peluang kemungkinan uji coba Belanda kontra Timnas Indonesia pada masa depan.

"Namun, tidak menutup kemungkinan di penyelenggaraan berikutnya jika ada sponsor. Hal itu mungkin saja," imbuh Gijs de Jong.

"Kami juga mempertimbangkan opsi untuk menggelar kegiatan di luar Jakarta untuk daerah dengan fanbase Belanda yang besar seperti di Maluku," terangnya.

3 dari 5 halaman

Agenda Oranje Indonesia Festival

PSSI mendapatkan undangan dari KNVB ke konferensi pers Oranje Indonesia Festival di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Kamis (1/9/2022).

KNVB berencana untuk menggelar Oranje Indonesia Festival di Jakarta pada 25 November 2022 ketika Timnas Belanda bertanding melawan Ekuador di Piala Dunia 2022.

Festival itu akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Pada festival itu, KNVB juga bakal menggelar nonton bareng (nobar) Timnas Belanda ketika berhadapan dengan Ekuador dalam partai kedua Grup A Piala Dunia 2022.

"Festival ini merupakan hadiah sekaligus bukti keseriusan kami dalam menjaga hubungan baik dengan fans di Indonesia," ujar Gijs de Jong.

4 dari 5 halaman

Kerja Sama

KNVB tidak hanya fokus dengan Piala Dunia 2022, tetapi juga telah memasukkan Indonesia dalam strategi jangka panjang internasional.

Dalam strategi ini, KNVB ingin memperkuat hubungan positif antara Belanda dan Indonesia. Oleh karena itu, KNVB sudah menjalin hubungan jangka panjang dengan PSSI, Kementerian Pemuda & Olahraga, dan KBR! di Belanda.

Selama pertemuan ini, topik kolaborasi seperti pengembangan sepak bola, program KNVB WorldCoaches di Indonesia, program pertukaran pendidikan sepak bola, dan pemusatan pelatihan Timnas Indonesia di Belanda.

5 dari 5 halaman

Legenda Timnas Indonesia

Selain itu, Oranje Indonesia Festival juga akan dimeriahkan oleh konser musisi lokal, tarian tradisional, festival kuliner, dan talk show bersama legenda Timnas Belanda yang namanya masih dirahasiakan.

 

KNVB juga mengumumkan selebritas hingga pesepak bola sebagai duta Oranje Indonesia yang meliputi Vincent Rompies, Valentino Simanjuntak, Rebecca Rejjman, Ona Hetharua, dan Marc Klok.

Video Populer

Foto Populer