Sukses


Andai Adopsi Tridente, Ini Skema Ideal di Lini Depan Timnas Indonesia U-20 ala Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, memiliki banyak opsi di lini depan. Hal tersebut terlihat dari skuad terkini yang dipanggil ke pemusatan latihan (TC) jangka panjang untuk menghadapi Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023.

Dari 30 nama yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-20, terdapat sejumlah pemain yang sudah lama dikenal pelatih asal Korea Selatan tersebut. Sebut saja Hokky Caraka, Rabbani Tasnim, hingga Ronaldo Kwateh dalam skuad bayangan tersebut.

Walau begitu, ada juga sejumlah nama baru macam Ginanajar Wahyu hingga Arkhan Kaka yang juga mengintip kesempatan. Beberapa nama ini nantinya bakal dipoles selama sebulan penuh pada TC yang berlangsung di Jakarta.

Meski belum diketahui siapa yang bakal jadi pemain utama. Pria yang akrab disapa STY tersebut memiliki pola yang tak akan diubah. Entah pakem tiga atau empat bek yang dimainkan, ia selalu menggunakan tiga penyerang di lini depan.

Lantas, dari nama-nama daftar pemain untuk TC Timnas Indonesia U-20, siapa yang paling menonojol untuk saat ini? Berikut ini ulasan selengkapnya.

 

2 dari 4 halaman

Hokky Caraka Pantas Khawatir

Hokky memang sudah lama dikenal sebagai penyerang utama di skuad Garuda Nusantara. Meskipun Rabbani Tasnim Siddiq sering muncul sebagai supersub, pemain PSS Sleman itu tetap jadi pilihan pertama.

Walau begitu, ia wajib waspada dengan kehadiran Ginanjar Wahyu dan Arkhan Kaka. Keduanya memiliki karakter bermain yang sepertinya lebih ideal untuk menunjang permainan yang diusung STY.

Ginanjar begitu fasih memainkan pola false nine saat bermain untuk Persija Jakarta. Ia tak terlihat gugup walau harus menggantikan nama-nama besar macam Michael Krmencik atau Abdulla Yusuf Helal saat keduanya absen.

Sementara itu, Arkhan Kaka telah membuktikan dirinya seorang predator tajam di Timnas Indonesia U-16. Bermain di level yang lebih tinggi tentu berbeda, tetapi ketenangan dan ketajamannya bisa jadi opsi baru untuk Timnas Indonesia U-20.

 

3 dari 4 halaman

Menanti Kejutan Baru Di Sektor Sayap

Ronaldo Kwateh sepertinya akan mematenan pos sayap kiri di Timnas Indonesia U-20. Walau progressnya naik turun, pemain berdarah Indonesia-Liberia tersebut sempat tampil memesona saat bermain bersama Madura United.

Polesan pelatih Fabio Lefundes terbukti membantu meningkatkan kepercayaan dirinya. Ia bahkan bisa mencetak sepasang gol dan assist saat menghadapi dua tim papan atas lainnya yakni Bali United dan PSM Makassar.

Namun, posisinya masih sangat rawan mendapatkan pertentangan dari pemain lain. Marselino Ferdinan kerap ditempatkan lebih melebar untuk memaksimalkan peran Zanadin Fariz di lapangan tengah.

Sementara itu, Alfriyanto Nico diperkirakan bakal jadi pemain utama STY di sektor sayap kanan. Winger Persija Jakarta itu terlihat paling konsisten perkembangannya dibandingkan pemain-pemain lain.

Tetapi, ia akan mendapatkan saingan hebat dalam diri Dony Tri Pamungkas. Juniornya di klub itu tampil moncer dalam beberapa laga terakhir termasuk memberikan dua assist berkelas dalam kemenangan heroik atas Bali United.

 

4 dari 4 halaman

Tridente Impian Bola.com

Jika merunut dari penampilan pemain dalam beberapa waktu terakhir. Opsi untuk menjajal Ginanjar Wahyu di pos penyerang utama sangat layak dijajal oleh STY. Walau bukan goal-getter murni, ia bisa membantu membuka ruang untuk rekan-rekanya.

Sementara itu, di pos sayap kiri, nama Ronaldo Kwateh masih jadi opsi terkuat untuk saat ini. Tetapi sayangnya, ia dipastikan absen dari TC kali ini lantaran tengah mengurus kepindahannya ke Turki.

Untuk pos sayap kanan, Dony Tri Pamungkas bisa dikatakan jadi pilihan paling oke untuk saat ini. Kemampuannya menyisir garis tepi dan memberikan umpan silang sangat dibutuhkan dalam situasi-situasi tertentu.

Video Populer

Foto Populer