Sukses


Nasib Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Ditentukan Setelah KLB PSSI?

Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong memasuki tahun terakhir di kontraknya bersama Timnas Indonesia. Kontrak Shin akan berakhir pada Desember 2023.

Menariknya, Piala Asia yang akan diikuti Timnas Indonesia baru akan dilaksanakan pada awal 2024. Hal itu terjadi setelah adanya perubahan tuan rumah dari China menuju Qatar.

Bertindak sebagai tuan rumah, Qatar menghendaki turnamen digelar pada awal tahun di mana cuaca di sana sedikit lebih dingin. Ada risiko terlalu besar jika Piala Asia 2023 tetap digelar pada pertengahan tahun seperti jadwal semula.

Direktur teknik PSSI, Indra Sjafri, menyatakan yang berhak mendatangkan dan memberhentikan pelatih Timnas Indonesia adalah ketua umum dan anggota komite eksekutif PSSI.

"Pengangkatan dan pemberhentian pelatih dilakukan oleh ketum dan Exco PSSI, rekomendasi dari departemen teknik," kata Indra Sjafri ketika dihubungi Bola.com.

2 dari 3 halaman

Terlalu Berisiko

Shin Tae-yong digaet menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia pada awal 2020. Shin diberi tugas tidak hanya di timnas senior, tetapi juga di Timnas Indonesia U-23 dan U-20.

Penampilan Tim Garuda harus diakui mengalami perbaikan. Terutama di level Timnas Indonesia senior.

Keberhasilan Timnas Indonesia senior melaju ke Piala Asia 2023 pun tak lepas dari kerja keras Shin Tae-yong.

Mengganti pelatih di tengah persiapan menuju Piala Asia 2023 juga dinilai terlalu berisiko. Jarak antara berakhirnya kontrak Shin dengan digelarnya Piala Asia 2023 hanya satu bulan saja.

3 dari 3 halaman

Ditentukan Pengurus Baru

PSSI akan melangsungkan Kongres Luar Biasa (KLB) dalam waktu dekat. Kongres PSSI akan digelar di Jakarta pada 16 Februari 2023.

KLB PSSI dinilai akan sangat menentukan masa depan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sebab, para pengurus baru PSSI nanti yang memiliki suara untuk memutuskan akan tetap mengontrak STY atau tidak.

Hal itu diungkapkan satu di antara calon ketua umum PSSI, La Nyalla Mahmud Mattaliti. Ia menilai perlu diskusi khusus mengenai masa depan Shin.

"Kalau menurut saya, Shin Tae-yong masih bagus, dan dia sampai akhir masa kontraknya akan tetap saya pertahankan. Untuk selanjutnya harus rapat Exco dulu," ujar La Nyalla.

"Kalau mengenai penggantinya masih panjang, masih Desember kok. Saya yakin STY masih bisa prestasi. Saya sentuh dia kan bulan Februari ini siapa tahu Indonesia tambah naik," ujarnya.

 

Video Populer

Foto Populer