Sukses


Pemain Arema FC Tak Dilirik Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia di FIFA Matchday: Maksimalkan untuk Laga Tunda BRI Liga 1

Bola.com, Malang - Timnas Indonesia sudah merilis 28 pemain untuk menjalani FIFA matchday pada 25 dan 28 Maret 2023. Rencananya Tim Garuda akan menjalani dua laga kontra Burundi.

Namun, dari 28 pemain yang dipanggil memperkuat Timnas Indonesia, ada sekitar 7 klub Liga 1 yang tidak akan kehilangan pemainnya pada periode tersebut. Satu dari tujuh klub yang pemainnya tidak dilirik oleh Shin Tae-yong adalah Arema FC.

Padahal tim berjulukan Singo Edan itu sering menyumbangkan pemain ke Timnas Indonesia. Terakhir, M Rafli yang masuk dalam skuad Piala AFF 2022.

Kemungkinan besar prestasi Arema FC di BRI Liga 1 yang menjadi pertimbangan. Tim berjulukan Singo Edan itu ada di posisi ke-13 dengan 33 poin.

Selain itu, pemain yang sempat menjadi langganan Timnas Indonesia, seperti Dedik Setiawan, Evan Dimas, dan lainnya juga belum konsisten. Terkait hal ini, pelatih Arema FC, Joko Susilo, masih bisa memahaminya.

"Saya tidak bisa berkomentar terkait hal tersebut. Satu hal yang pasti, kami mengerti dan paham dengan situasi ini," ujar pelatih Arema FC itu.

 

2 dari 4 halaman

Bakal Dimanfaatkan untuk Laga Tunda

Namun, ketika tidak ada pemain yang mendapatkan panggilan menuju Timnas Indonesia, Arema FC memiliki keuntungan. Saat FIFA matchday, Singo Edan harus menjalani dua laga tunda BRI Liga 1 2022/2023, yaitu melawan Borneo FC dan Bali United, dua laga yang seharusnya digelar pada awal putaran kedua.

Dua laga tersebut ditunda klantaran Arema FC sempat tidak memiliki homebase pada awal putaran kedua setelah ada sanksi dari Komisi Disiplin PSSI terkait Tragedi Kanjuruhan.

Artinya, Arema FC bisa menurunkan komposisi lengkap saat menghadapi Borneo FC pada 24 Maret 2023 dan Bali United pada 27 Maret 2023. Apalagi dua laga ini tidak akan mudah karena keduanya adalah tim yang menghuni papan atas BRI Liga 1 saat ini.

Namun, dua klub yang menjadi lawan itu harus kehilangan beberapa pemain. Bali United kehilangan kiper utamanya, Nadeo Argawinata, sementara Borneo FC masih memiliki kiper utama, Angga Saputra.

 

3 dari 4 halaman

Bukan Hanya Arema FC

Arema FC bukan satu-satunya tim yang tidak menyumbang pemain ke Timnas Indonesia. Sebagian besar tim papan tengah dan bawah BRI Liga 1 juga tidak dilirik pemainnya, seperti Persita Tangerang, PSIS Semarang, Persis Solo, Persik Kediri, Barito Putera, dan PSS Sleman.

Persoalannya sama seperti Arema FC. Beberapa tim itu tidak konsisten pada musim ini, meski memiliki beberapa pemain yang sempat mendapatkan panggilan memperkuat Timnas Indonesia.

Tentu ini menjadi pelecut para pemain yang tidak dilirik. Jadi mereka harus berkontribusi lebih besar di level klub agar bisa kembali ke Timnas Indonesia.

 
4 dari 4 halaman

Posisi Arema FC di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer