Sukses


Erick Thohir Bingung soal Kabar Indonesia Akan Ditunjuk FIFA Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023: Dari Mana?

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, bingung dengan kabar Indonesia akan ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 untuk menggantikan Peru. Dia malah bertanya balik terkait rumor tersebut.

Erick Thohir buka-bukaan perihal pertemuannya dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, dalam wawancara khusus dengan Liputan6 di Vidio dan YouTube pada Minggu (9/4/2023) malam WIB.

Erick Thohir memang baru kembali ke Tanah Air setelah bernegosiasi dengan Infantino di Paris, Prancis pada beberapa waktu lalu soal sanksi FIFA buat Indonesia buntut batal menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2023.

Beredar narasi di media sosial bahwa Indonesia akan mendapatkan jatah pengganti karena gagal menggelar Piala Dunia U-20 2023 dengan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

2 dari 5 halaman

Jawaban Erick Thohir

FIFA mencabut mandatnya kepada Peru sebagai host Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November-2 Desember tahun ini akibat tidak berkomitmen dengan infrastruktur penunjang turnamen.

"Belum ada jawaban dari FIFA. Ketika bertemu, mereka sama sekali tidak membicarakan tentang Piala Dunia U-17 2023," ujar Erick Thohir.

"Kita sebagai bangsa, berangan-angan dan bermimpi itu harus. Akan tetapi, otoritas tertinggi sepak bola dunia itu adalah FIFA. Jadi kalau bicara Piala Dunia U-17, saya juga bingung posisi dari mana," terangnya.

3 dari 5 halaman

Pendapat Erick Thohir

"Kecuali memang ada pernyataan dari FIFA. Ini kan tidak ada. Ketika saya bertemu, tidak ada bicara soal itu. Kalau ditanya masyarakat, misalnya tuan rumah pengganti Piala Dunia U-20, belum ada. Saya juga menunggu-nunggu tapi belum ada putusan," jelasnya.

Sesudah mencoret Indonesia yang menjadi penyelenggara Piala Dunia U-20 2023, FIFA disebut-sebut akan menunjuk Argentina sebagai tuan rumah pengganti dan pengumuman itu tinggal menunggu waktu.

"Sebab begini. FIFA tentu punya proses, hukum, hingga administrasi. Tentu tidak semudah seakan-akan kita melakukan hal yang gampang. Mereka punya proses," ungkap Erick Thohir.

4 dari 5 halaman

Belum Ada Kepastian

"Kadang-kadang, kalau banyak yang bicara Piala Dunia U-17 sudah pasti di Indonesia, saya bingung dari mana? Wong FIFA-nya belum bicara. Sampai sekarang belum ada kepastian," paparnya.

"Saya pastikan belum. Pernyataan saya berdasarkan pernyataan FIFA. Kita sebagai member FIFA, menunggu saja," ucap pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI itu.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer