Sukses


Erick Thohir Akui Ada Pemain Keturunan Asal Belanda yang Mungkin Tidak Jadi Dinaturalisasi

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, mengakui bahwa ada pemain keturunan Indonesia asal Belanda yang mungkin tidak jadi dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

PSSI memang tengah memproses naturalisasi tiga pemuda kelahiran Belanda. Ketiganya adalah Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Proses naturalisasi Hubner, Jenner, dan Struick tinggal dua langkah lagi. Ketiganya juga sudah mendapatkan persetujuan di rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada akhir Maret 2023.

Naturalisasi ketiganya diminta oleh pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong untuk Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pengaruh Batalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia

Namun, Piala Dunia U-20 2023 di Tanah Air dibatalkan FIFA sehingga kelanjutan naturalisasi Hubner, Jenner, dan Struick dipertanyakan publik.

"Kan dari DPR sudah setuju. Sekarang, kami sedang dalam proses menanyakan kepada para pemain," ujar Erick Thohir di Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Kamis (13/4/2023).

"Sebab, mereka kan diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 2023. Karena Piala Dunia U-20 tidak ada, mereka jadinya bagaimana? Itu yang mesti kami tanyakan," ungkapnya.

3 dari 5 halaman

Tinggal Selangkah Lagi

Sesuai prosedur, naturalisasi Hubner, Jenner, dan Struick tinggal menunggu surat Keputusan Presiden (Keppres) dan diambil sumpah WNI oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

"Kalau masalah naturalisasi kan sebenarnya prosesnya sudah selesai. Tinggal dari pemainnya saja seperti apa," tutur Erick Thohir.

4 dari 5 halaman

Kasus Lain

Erick Thohir memberikan contoh terhadap naturalisasi pebola basket, Anthony Beane Jr, yang telah selesai bahkan sudah bergabung dengan Timnas Bola Basket Indonesia di Australia sebagai persiapan untuk SEA Games 2023 Kamboja.

"Beberapa hari lalu di bola basket, satu pemain naturalisasi sudah dapat paspor Indonesia dan pergi ke Australia untuk mengikuti pemusatan latihan," ucap Erick Thohir.

"Cuma kalau untuk calon pemain naturalisasi ini kan perlu waktu untuk ditanyakan kenbali. Saya yakin mungkin sebagian pemain akan tetap."

"Tapi, sebagian pemain mungkin tidak jadi. Kan bisa saja. Saya tidak tahu. Itu kan pilihan daripada individu masing-masing," katanya.

5 dari 5 halaman

Negosiasi

Sebelumnya, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengatakan bahwa pihaknya masih bernegosiasi dengan satu calon pemain naturalisasi yang diduga mengarah ke Hubner.

Di tengah proses naturalisasi, Hubner justru dipanggil Timnas Belanda U-20 untuk FIFA Matchday Maret 2023 melawan Timnas Prancis U-20. Keseriusan bek Wolverhampton Wanderers U-21 itu pun diragukan.

Video Populer

Foto Populer