Sukses


Perjalanan Timnas Indonesia U-22 dan Vietnam ke Semifinal SEA Games 2023, Siapa Paling Oke?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 berhadapan dengan Vietnam dalam laga semifinal sepak bola SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023) sore WIB. Kedua tim akan memperebutkan satu tiket ke final demi meraih emas SEA Games 2023.

Timnas Indonesia U-22 melangkah ke semifinal sepak bola SEA Games 2023 dengan status juara Grup A. Tim Garuda meraih empat kemenangan sempurna untuk menjadi juara grup.

Sementara itu, sebagai lawan dari Tim Garuda Muda, sudah pasti Vietnam lolos ke semifinal sepak bola SEA Games 2023 sebagai runner-up Grup B. Vietnam memiliki jumlah poin yang sama dengan Thailand, juara grup B. Namun, The Golden Star Warriors kalah dalam urusan produktivitas gol.

Kedua tim diyakini sama-sama menginginkan kemenangan demi meraih tiket pertandingan final dan membuka kesempatan untuk meraih medali emas dari sepak bola.

Siapa di antara Timnas Indonesia U-22 dan tim yang lebih baik di antara keduanya jika melihat perjalanan di fase grup sepak bola SEA Games 2023?

2 dari 4 halaman

Timnas Indonesia U-22 Sempurna, Nyaris Tanpa Kebobolan

 

Timnas Indonesia U-22 menjadi juara Grup A sepak bola SEA Games 2023 dengan empat kemenangan dari empat laga yang dijalani.

Bahkan Tim Garuda sempat tanpa kebobolan dalam tiga laga pertama, di mana Rizky Ridho dkk. sukses selalu meraih kemenangan besar.

Timnas Indonesia U-22 mengawalinya dengan kemenangan telak 3-0 atas Filipina. Marselino Ferdinan, Irfan Juhari, dan Fajar Fathurrahman menjadi pencetak gol dalam laga tersebut.

Kemenangan lebih besar diraih tim asuhan Indra Sjafri itu di laga kedua. Menghadapi Myanmar, Timnas Indonesia U-22 menang telak 5-0.

Marselino Ferdinan kembali menjadi pencetak gol pembuka, kemudian Ramadhan Sananta mencetak dua gol, Fajar Fathurrachman kembali mencetak gol dan Titan Agung melengkapi kemenangan 5-0 tim Garuda.

Timnas Indonesia U-22 kemudian menang 3-0 atas Timor Leste pada laga ketiga, di mana Ramadhan Sananta kembali mencetak gol hingga Fajar Fathurrachman mencetak dua gol dalam laga tersebut.

Sementara dalam laga terakhir melawan tim tuan rumah Kamboja, Tim Garuda Muda hanya menang 2-1. Dua gol Timnas Indonesia U-22 dalam laga itu dicetak oleh Titan Agung dan Beckham Putra Nugraha.

Sayangnya, keberhasilan Tim Garuda Muda mencatatkan clean sheet dalam tiga laga pertama tak berlanjut pada laga terakhir.

Kamboja berhasil menciptakan satu-satunya gol yang bersarang di gawang Tim Garuda Muda lewat Sin Sovannmakara.

 

3 dari 4 halaman

Vietnam juga Tidak Terkalahkan

 

Timnas Vietnam U-22 memang tidak sempurna jika dibandingkan kiprah Timnas Indonesia U-22 di Grup A. Tim berjulukan Golden Star Warriors itu hanya meraih tiga kemenangan dan satu hasil imbang. Namun, itu juga menunjukkan bahwa Vietnam cukup kuat karena belum terkalahkan.

Tiga kemenangan meyakinkan dicetak Vietnam dalam tiga laga pertamanya di Grup B sepak bola SEA Games 2023. Menang 2-0 atas Laos, 3-1 atas Singapura, dan 2-1 atas Malaysia membuat Vietnam bersaing ketat dengan Thailand yang juga meraih tiga kemenangan dalam tiga laga pertamanya.

Sementara pada laga terakhir Grup B, Thailand dan Vietnam bertemu, dan kedua tim harus puas bemain imbang 1-1 dalam pertandingan tersebut. Keberhasilan Thailand meraih kemenangan lebih besar saat menghadapi tiga lawan lainnya membuat Vietnam harus puas hanya menjadi runner-up Grup B.

Namun, meski tak sesempurna Timnas Indonesia U-22 di fase grup, di mana banyak yang menganggap persaingan di Grup B memang lebih berat, Vietnam harus diwaspadai. Terutama mesin golnya, Nguyen Van Tung, yang saat ini sudah mencetak empat gol, jumlah yang sama dengan Fajar Fathurrahman.

4 dari 4 halaman

Eksklusif Liputan SEA Games 2023

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Video Populer

Foto Populer