Sukses


Shin Tae-yong Kirim Kode Tinggalkan Timnas Indonesia Setelah Piala Asia 2023, Begini Respons Erick Thohir

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, buka suara mengenai pelatih Shin Tae-yong yang sudah memberikan sinyal akan meninggalkan Timnas Indonesia setelah Piala Asia 2023.

Sinyal meninggalkan Timnas Indonesia diutarakan pelatih Shin Tae-yong dalam wawancara dengan media Korea Selatan, Best Eleven. Shin Tae-yong mengaku, diberi tugas memimpin Tim Garuda sampai Piala Asia 2023.

Itu sudah sesuai dengan kontrak STY yang akan habis pada Desember 2023. Erick Thohir menyebut, PSSI akan memutuskan nasib Shin Tae-yong setelah Piala Asia 2023.

"Memang sudah ada pembicaraan dengan coach Shin Tae-yong. Beliau itu kontraknya habis pada Desember. Ya, kan opsinya perpanjang atau tidak perpanjang. Kami ada kesepakatan untuk mempersiapkan sampai Piala Asia," ujar Erick Thohir.

2 dari 4 halaman

Penilaian PSSI

Selain Piala Asia 2023, Kualifikasi Piala Dunia 2026 juga akan menjadi penilaian PSSI terhadap nasib Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Menurut Erick Thohir, situasi itu sudah disepakati kedua pihak yakni PSSI dan Shin Tae-yong.

"Nanti Oktober itu ada Kualifikasi Piala Dunia yang harus kami hitung ulang. Jadi, antara kedua belah pihak menyepakati," ucap Erick Thohir.

"Saya rasa ini hal yang gentleman, tidak ngomong di belakang," tegas Erick Thohir.

 

3 dari 4 halaman

Target Tinggi

Pelatih Shin Tae-yong mengaku ingin memberikan yang terbaik pada akhir-akhir masa bakti di Timnas Indonesia. Piala Asia 2023 diharapkan bisa mengobati kekecewaan suporter Timnas Garuda setelah Indonesia gagal menggelar Piala Dunia U-20 2023.

"Indonesia punya banyak fans luar biasa. Makanya, saya hanya bisa menyesali kegagalan menggelar Piala Dunia U-20," ucap Shin Tae-yong kepada Best Eleven.

"Saya paham bagaimana rasanya penyesalan tersebut. Saya mau menenanginya pada Piala Asia Januari tahun depan," tegas Shin Tae-yong.

4 dari 4 halaman

Banyak Peningkatan

Shin Tae-yong telah menukangi Timnas Indonesia sejak Desember 2019. Tak hanya tim senior, Shin Tae-yong juga dipercaya mengasuh skuad U-20 dan U-23.

Sejauh ini, Shin Tae-yong berhasil meningkatkan level permainan Timnas Indonesia. Itu terlihat dari naiknya peringkat FIFA ke posisi 149 melalui kemenangan-kemenangan yang diraih Timnas Indonesia.

Adapun di level U-22, Shin Tae-yong mempersembahkan medali perunggu SEA Games 2021. Sementara itu, bersama Timnas U-20, dia meningkatkan level permainan dan fisik pemain.

Video Populer

Foto Populer