Sukses


Peta Sebaran Klub Penyumbang Pemain ke Timnas Indonesia untuk FIFA Friendly Match: Dominan Persib

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah memanggil 26 nama untuk FIFA Matchday Juni.

Uniknya, tak ada nama penyerang muda M. Ramadhan Sananta dalam daftar ini.Nama pemuda asal Riau itu memang tengah naik daun usai membawa tim Indonesia U-22 merebut medali emas SEA Games 2023.

Tak hanya itu, ia juga mengantarkan PSM Makassar merebut juara Liga 1 2022/23.Dua keberhasilan itu membuat nama Sananta dielu-elukan. Tetapi pelatih yang akrab disapa STY itu punya pandangan lain.

Dalam membangun tim nasional, biasanya pelatih selalu condong memanggil pemain dari klub tertentu. Setidaknya pemain dari dua atau tiga klub akan jadi tumpuan utama.

Lantas, klub mana yang mengirimkan perwakilan paling banyak saat Timnas Indonesia hadapi Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (14/6/2023) dan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta (19/6/2023)?

2 dari 6 halaman

Persib Bandung Terbanyak

Persib Bandung menjadi klub yang paling banyak menyerahkan pemainnya. Mereka mengirimkan hingga empat pemain sekaligus untuk melaksanakan tugas negara.

Selain Marc Klok, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto yang jadi langganan tetap Timnas. Edo Febriansyah yang baru merapat ke Maung Bandung juga turut dipanggil.

Walau begitu, bukan berarti STY bakal menduplikasi pekerjaan Luis Milla bersama Persib. Hanya saja, karakter empat pemain Persib ini sesuai dengan apa yang dibutuhkannya.

3 dari 6 halaman

Tak Lupakan PSM

Walau menanggalkan Sananta, bukan berarti pelatih asal Korea Selatan itu melupakan PSM. Tiga pemain yang jadinl keberhasilan Juku Eja, akan tetap dibawa.Duo kembar Yakob Sayuri dan Yance Sayuri sudah bergabung Timnas beberapa bulan lalu.

Tetapi pemanggilan M. Reza Arya terbilang cukup mengejutkan. Kiper berusia 20 tahun itu memang tampil luar biasa sepanjang musim lalu. Catatan 14 cleansheet membawanya bergabung ke skuad Garuda untuk kali pertama.

4 dari 6 halaman

Kejutan Persikabo 1973

Klub lain yang tergolong mengejutkan publik sepak bola tanah air adalah Persikabo 1973. Walau terseok-seok di papan klasemen, mereka mengirimkan tiga wakil sekaligus.

Syahrul Trisna kembali jadi salah satu kiper yang dipercaya. Selagi M. Dimas Drajad akan kembali diandalkan menjebol gawang lawan.Yang cukup jadi pertanyaan adalah kembalinya Andy Setyo. Menilik persaingan di lini belakang, rasanya bakal sulit untuknya mendapat tempat utama.

5 dari 6 halaman

10 Pemain Luar Negeri

Hal menarik lainnya dari nama-nama yang dirilis adalah kehadiran 10 pemain yang bermain di luar negeri. Ini merupakan bagian dari program naturalisasi yang dilakukan sebelumnya.

Mereka dianggap mampu meningkatkan kualitas Timnas Indonesia secara drastis. Bermain di mancanegara, membuat para pemain tersebut merasakan level kompetisi yang lebih tinggi.

Inilah mengapa pemanggilan mereka dirasa sangat penting. Pengalaman menghadapi lawan yang lebih kuat bakal jadi bekal Indonesia untuk tak hancur lebur di uji coba kali ini.

6 dari 6 halaman

Peta Persebaran Pemain Timnas Indonesia

4 - Persib Bandung

3 - PSM Makassar, Persikabo 19732 - Persija Jakarta

1 - Bhayangkara FC, Madura United, Persebaya Surabaya, Borneo FC Samarinda, Johor Darul Takzim (Malaysia), Sabah FC (Malaysia), Tokyo Verdy (Jepang), Jeonnam Dragons (Korea Selatan), KV Mechelen (Belgia), Viking FK (Norwegia), KMSK Deinze (Belgia), Jong Utrecht (Belanda), ADO Den Haag (Belanda), Cheltenham Town FC (Inggris)

Video Populer

Foto Populer