Sukses


Jelang Piala Asia 2023, Erick Thohir Bakal Kirim Timnas Indonesia TC ke Luar Negeri

Bola.com, Solo - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, akan memberikan fasilitas pemusatan latihan (TC) di luar negeri kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk mematangkan persiapan tim menjelang Piala Asia 2023.

Menurut jadwal, Timnas Indonesia akan menghadapi Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Dalam kejuaraan ini, skuad Garuda tergabung di Grup D bersama sejumlah negara elite. Timnas Indonesia akan berjumpa Jepang, Irak, dan Vietnam. Dua negara yang disebut paling awal memang punya rekam jejak yang terhitung istimewa.

Jepang, misalnya, menjadi salah satu negara tersukses di Piala Asia dengan koleksi empat gelar juara (1992, 2000, 2004, dan 2011). Sementara Irak sudah pernah naik podium juara Piala Asia pada edisi 2007.

Hanya Vietnam dan Indonesia yang belum pernah masuk final. Oleh karena itu, Timnas Indonesia membutuhkan persiapan yang matang untuk menghadapi persaingan di grup ini.

Erick Thohir pun bakal memberikan kesempatan bagi Shin Tae-yong untuk menggelar TC Timnas Indonesia di luar negeri.

2 dari 3 halaman

TC di Luar Negeri selama 3 Pekan

Erick Thohir menjelaskan pemusatan latihan jangka panjang di luar negeri ini akan berlangsung selama tiga pekan. Menurut rencana, skuad Merah Putih akan berangkat pada 23 Desember 2023.

Meskipun demikian, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu masih belum memberikan penjelasan secara spesifik soal negara yang akan menjadi tujuan TC Timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023.

“Karena rencananya, untuk kejuaraan Piala Asia 2023 pada Januari 2024 itu kami akan menggelar pemusatan latihan kurang lebih tiga minggu,” ujar Erick Thohir di Stadion Manahan, Minggu (4/6/2023).

“Rencananya dimulai pada 23 Desember 2023 di sebuah negara yang belum bisa kami umumkan. Baru setelah itu kita akan terbang ke Qatar,” lanjutnya.

3 dari 3 halaman

FIFA Matchday Jadi Ajang Persiapan

 

Selain itu, Erick juga menjelaskan Timnas Indonesia harus belajar banyak dari dua pertandingan FIFA Matchday yang diagendakan pada periode Juni 2023 ini.

Menurut jadwal, skuad Garuda akan menantang Timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada 14 Juni 2023, dan menghadapi Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 19 Juni 2023.

“Lalu di beberapa pertandingan FIFA Matchday pun kami meminta satu sampai dua hari tim nasional ini latihan untuk mulai bermain,” ujar Erick.

“Jangan sampai tim nasional kita jadi tim yang kalahan. Kita menghadapi Palestina di stadion yang juga sudah berstandar FIFA yang ada di Surabaya pada 14 Juni dan di SUGBK melawan Argentina pada 19 Juni,” lanjutnya.

Video Populer

Foto Populer